Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tumbang di Bali Timpa Wisatawan, Kabel Listrik, hingga Rumah Warga

Kompas.com - 04/01/2020, 17:29 WIB
Kontributor Banyuwangi, Imam Rosidin,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Angin kencang menerpa beberapa wilayah di Bali dari siang hingga sore hari ini, Sabtu (4/1/2020). Fenomena alam ini menyebabkan pohon tumbang yang dilaporkan menimpa wisatawan, kabel listrik, hingga rumah milik warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa mengatakan, sebuah pohon tumbang menimpa seorang wisatawan di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar.

Bahkan, wisatawan bernama Nur Moh. Ali Nur Rohman (20) sempat tak sadarkan diri. Dia mulai pulih setelah mendapat perawatan di Puskesmas. Kini wisatawan itu sudah diperbolehkan pulang.

"Kesadaran baik dan menderita nyeri pada pinggang," kata Joni, Sabtu sore.

Baca juga: BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Capai 2 Meter di Bali

Berdasarkan data dari BPBD Denpasar, kejadian pohon tumbang terjadi di Jalan Tukad Badung XIII, Jalan Pulau Moyo, Jalan Drupadi, Jalan Antasura, Jalan Bypass Ngurah Rai dekat SMP 9 Denpasar, Jalan Pulau Biak, Jalan Gunung Sari Gang 5 Sanur, Banjar Ponjok Desa Serangan, dan Jalan Tukad Badung XXX.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sementara di Kabupaten Gianyar, pohon tumbang dilaporkan menimpa kabel PLN dan menghalangi badan Jalan Bypass Darma Giri, Blahbatuh, dan di Jalan Cucukan, Gianyar.

Kemudian, pohon tumbang juga menimpa bangunan rumah milik Ni Nyoman Warni di Banjar Lebah, Desa Keramas, Blahbatuh, Gianyar.

Baca juga: Bali Bersiap Hadapi Musim Hujan dan Waspada Potensi Bencana Banjir

Sebelumnya, di Kabupaten Badung pohon tumbang juga menimpa Pos Polisi di Pantai Kuta, Badung.

Sementara itu, BMKG Wilayah III Denpasar menyebut angin kencang di sejumlah wilayah di Bali karena adanya penurunan tekanan udara pada pusat tekanan rendah di perairan selatan Indonesia dan di daratan Australia.

Hal ini menyebabkan ada peningkatan perbedaan tekanan udara antara Indonesia dan wilayah perairan selatan Indonesia, sehingga peningkatan kecepatan angin.

Angin kencang mulai terjadi pada hari ini, Sabtu (4/1/2020) sejak 12.30 WITA. Kecepatan angin kencang ini mencapai 22 knot atau 40 km/jam hingga 30 knot atau 56 km/jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com