Longsor Tutup Sebagian Jalan Provinsi di Banjarnegara

Kompas.com - 03/01/2020, 11:39 WIB
Relawan membersihkan material longsor di ruas jalan provinsi, tepatnya di Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (3/1/2020). KOMPAS.COM/DOK BPBD BANJARNEGARARelawan membersihkan material longsor di ruas jalan provinsi, tepatnya di Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (3/1/2020).

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Sebuah tebing setinggi 10 meter di Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, longsor, Jumat (3/1/2020) pagi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Arief Rahman mengatakan, longsor terjadi sekitar 04.30 WIB.

Material longsor menutup sebagian ruas jalan provinsi penghubung Karangkobar-Banjarnegara.

"Karena curah hujan di wilayah Kecamatan Karangkobar dengan intensitas tinggi pada hari Kamis (2/1/2020) sore, tebing setinggi 10 meter dan lebar 6 meter longsor menutupi separuh badan jalan utama provinsi," kata Arief saat dihubungi, Jumat.


Baca juga: Banjir hingga Longsor di Awal Tahun, Ini Data Puluhan Titik Bencana Alam di Jawa Barat

Arief mengatakan, longsor menyebabkan pengguna jalan yang melewati akses jalan provinsi dari Kecamatan Karangkobar dan sekitarnya yang menuju ke arah Banjarnegara atau sebaliknya terhambat.

Saat ini pembersihan material longsor sedang dilakukan oleh relawan dengan menggunakan alat manual.

Arus lalu lintas di lokasi tersebut sudah kembali normal.

Seperti diketahui, dari total 266 desa/kelurahan di Banjarnegara, ada 199 desa di antaranya rawan longsor.

Baca juga: Makam yang Tertimbun Longsor di Depok Mulai Direlokasi

Memasuki musim hujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas menetapkan status siaga darurat bencana, khususnya longsor dan banjir mulai 27 November 2019 hingga 14 Februari 2020.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X