Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

229 iPhone yang Diselundupkan dari Timor Leste Berasal dari Thailand

Kompas.com - 02/01/2020, 19:17 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Ratusan iPhone yang diselundupkan dari Timor Leste ke Indonesia melalui NTT, berasal dari Thailand.

Pelaku penyelundupan 229 iPhone itu yakni Fang Hanjun (32) yang merupakan warga negara asing (WNA) asal China.

"Pelaku penyelundupan mengambil ratusan iPhone itu dari Thailand," ujar Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Johannes Bangun, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Diduga Selundupkan 229 iPhone, WN China Diamankan Polres Belu NTT

Dari hasil pemeriksaan, Fang mendapatkan order job untuk mengambil barang dari seseorang yang dikenal melalui aplikasi chat QQ bernama Tuan Chang.

Setelah menyanggupi, pemesan tersebut memandu Fang untuk berangkat ke Bangkok, Thailand pada 28 Desember 2018.

Setibanya di hotel di Bangkok, pelaku dihubungi oleh pemesan bahwa barang yang akan dibawa sudah dititipkan di lobi hotel untuk diambil oleh pelaku.

Pada 29 Desember 2019, pelaku berangkat kembali ke Dili, Timor Leste dan transit di Bali.

Johannes mengatakan, setelah tiba di Dili, Timor Leste pada tanggal 30 Desember, pemesan Chang kembali memandu Fang untuk berangkat ke Indonesia melalui Atambua, Kabupaten Belu, NTT, dengan membawa ratusan iPhone itu.

Namun, saat tiba di Bandara AA Bere Tallo, Atambua, Fang kemudian ditangkap petugas bandara dan selanjutnya diserahkan ke polisi.

Sebelumnya diberitakan, Fang Hanjun (32) warga China, ditangkap aparat Kepolisian Resor Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) karena hendak menyelundupkan ratusan iPhone.

"WNA asal China itu diamankan kemarin siang di Bandara AA Bere Tallo, Atambua. Dia mrmbawa 229 Iphone yang diduga akan diselundupkan,"ungkap Johannes kepada Kompas.com, Rabu (1/1/2019).

Fang selama ini berdomisili di Distrik Ermera, Rua Gleno Vila, Timor Leste.

Johannes menjelaskan, pada Selasa (31/12/2019), sekitar pukul 13.00 WITA, Satuan Reskrim Polres Belu menerima laporan adanya seorang WNA yang membawa ratusan unit ponsel dan peralatan elektronik lainnya di Bandara AA Bere Tallo, Atambua.

Baca juga: Pria Ini Nekat Curi iPhone Milik Tentara Bahrain, Pepet Korban Pura-pura Tawarkan Transportasi

Setelah menerima laporan itu, polisi pun bergerak cepat dan mendatangi bandara.

Polisi pun langsung memeriksa WNA China itu.

Fang diketahui, melakukan penerbangan dari Atambua ke Kupang setelah sebelumnya melalui perjalanan darat dari Dili, ibu kota Negara Timor Leste.

Fang membawa bagasi berupa dua koper dan satu kardus yang setelah melalui pengecekan X-Ray diketahui membawa ratusan iPhone, USB charger, dan transmitter Wifi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com