Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Akibat Luapan Kali Lamong Gresik Meluas, Kini Melanda Kecamatan Cerme

Kompas.com - 02/01/2020, 14:20 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Setelah merendam beberapa desa di Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang, Gresik, Jawa Timur, pada Rabu (1/1/2020) kemarin.

Air luapan Kali Lamong kini mulai melanda Kecamatan Cerme, yang berada di sebelah timur kedua kecamatan tersebut.

"Sementara ini sudah ada tujuh desa yang terdampak. Mulai Desa Dadapkuning, Ngembung, Dampakan, Dungus, Iker-iker, Sukoanyar, dan juga Morowudi," ujar Camat Cerme Suyono, saat ditemui di lokasi, Kamis (2/1/2020).

Hanya saja, luapan air banjir belum sampai masuk ke rumah-rumah warga dengan masih menggenang di area persawahan dan jalan akses desa.

Baca juga: Hujan Deras dan Kali Lamong Meluap, Banjir Melanda Gresik

"Jadi setelah air kemarin menggenang wilayah Balongpanggang dan Benjeng, kini mengalir ke sini (Cerme). Sementara belum ada (air) yang masuk ke rumah warga, baru jalan desa dan sawah saja," ucap dia.

Meski demikian, Suyono menuturkan sudah ada tiga posko penanganan bencana banjir yang telah didirikan di wilayah Kecamatan Cerme. Baik diinisiatif oleh pemerintah daerah, polisi dan TNI.

"Untuk air mulai masuk menggenang itu dinihari tadi. Alhamdulillah sampai saat ini belum masuk rumah warga, baru sawah dan jalan desa," tutur Kepala Desa Ngembung, Nanik Supranti.

Meski demikian, Nanik sudah menghimbau kepada para warga untuk tetap waspada dan siaga, karena ketinggian air yang saat ini masih dikisaran 10 sampai 20 centimeter masih memungkinkan bertambah.

Baca juga: Surabaya Barat Rawan Genangan, Kawasan Kali Lamong Direvitalisasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com