Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Terjang 2 Kampung di Sumedang, 3 Rumah Tertimpa Pohon Tumbang

Kompas.com - 31/12/2019, 22:27 WIB
Aam Aminullah,
Khairina

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Angin puting beliung menerjang wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (31/12/2019) sore.

Akibatnya, sebuah pohon berukuran besar tumbang dan menimpa tiga rumah.

Selain itu, angin puting beliung yang terjadi saat hujan lebat ini juga menyebabkan genteng di 20 rumah milik warga berterbangan.

Baca juga: Puting Beliung Terjang Kabupaten TTU, 55 Rumah Rusak

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang Yedi mengatakan, tiga rumah yang tertimpa pohon tumbang itu berada di wilayah Dusun Mariuh, Desa Sukamulya itu milik Ariem (85), Karlan (45), dan Rojak (50).

"Selain itu, ada 20 rumah yang atap gentengnya berterbangan di wilayah yang sama," ujar Yedi kepada KOMPAS.com melalui sambungan telepon, Selasa malam.

Yedi menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya kerugian yang dialami 23 KK tersebut seluruhnya lebih dari Rp 20 juta.

Yedi menyebutkan, butuh waktu lama bagi petugas BPBD Sumedang dibantu polsek dan koramil setempat untuk membersihkan material pohon tumbang.

"Pohon tumbang itu juga menutupi jalan lingkungan. Pembersihan material pohon tumbang baru selesai malam ini," sebut Yedi.

Baca juga: Diterjang Puting Beliung, 3 Rumah Warga di Gedebage Rusak

Yedi mengimbau warga Sumedang lebih meningkatkan kewaspadaannya memasuki awal musim penghujan ini.

"Sumedang termasuk daerah rawan bencana, dengan potensi bencana longsor, banjir hingga angin puting beliung. Untuk itu kami imbau warga untuk waspada dan siaga," kata Yedi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com