Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Ditutup 12 Jam Saat Malam Tahun Baru, Ini Alternatifnya

Kompas.com - 31/12/2019, 11:06 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Icha Rastika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Jajaran Kepolisian Resor Cianjur akan menutup jalur Puncak pada malam tahun baru 2020.

Penutupan dilakukan untuk mengurangi beban volume kendaraan yang diprediksi melonjak di kawasan yang akan menjadi pusat keramaian pada malam pergantian tahun itu.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, penutupan akan mulai diberlakukan pada 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB, atau selama 12 jam.

“Arus menuju Bogor atau Jakarta ditutup mulai dari Bunderan Tugu Gentur. Sementara dari arah Bogor penutupan dilakukan di Pos PJR Jabar IX Ciloto, Cipanas,” kata Juang, Selasa (31/12/2019).

Baca juga: Polisi Siagakan Penembak Jitu di Puncak Cianjur Saat Perayaan Tahun Baru

Selain penutupan jalur dari arah Cianjur maupun dari arah Bogor, petugas akan menerapkan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way di jalur Puncak.

“Nantinya, arus dari arah Cianjur diputar balik masuk ke jalan Hanjawar Cipanas,” ucap dia.

Karena itu, Juang mengimbau pengguna jalan yang akan melewati jalur Puncak agar menyesuaikan waktu dan menggunakan jalur alternatif Jonggol atau via Sukabumi.

“Rekayasa ini diperlukan agar lalu lintas di kawasan Puncak tidak mengalami hambatan. Terlebih, kita tahu jalur Puncak ini kan jalannya cuma satu,” kata Juang.

Ia juga mengatakan, rekayasa lalu lintas di kawasan Puncak ini merupakan bagian dari langkah strategis Operasi Lilin Lodaya 2019. 

Ada 1.115 personel gabungan yang dilibatkan dalam operasi tersebut. 

Bus khusus di jalur Puncak

Terpisah, Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur M Iqbal Safaruddin mengatakan, ada satu unit bus khusus yang ditempatkan di Pos PJR Ciloto, Cipanas.

Bus tersebut akan difungsikan untuk mengangkut masyarakat atau pengunjung yang hendak menuju kawasan Puncak dan sekitarnya untuk merayakan malam pergantian tahun.

“Bus akan beroperasi sejak pukul enam sore nanti hingga tengah malam atau tepat pergantian tahun,” kata Iqbal saat dihubungi Kompas.com, Selasa (31/12/2019).

Baca juga: Jalan Sekitar Monas hingga Senayan Ditutup untuk Acara Tahun Baru, Ini Jalan Alternatifnya

Dishub Cianjur juga telah memasang rambu-rambu portabel penunjuk arah di sepanjang ruas Jalan Raya Bandung sejak Ciranjang hingga dalam kota.

“Kendaraan yang datang dari arah Bandung yang akan menuju Bogor atau Jakarta langsung kita arahkan masuk ke jalur Jonggol lewat pertigaan Tugu Kuda Kosong, Sukaluyu,” ujar dia.

Adanya rekayasa lalu lintas dan penutupan jalur Puncak tersebut akan berimbas pada arus kendaraan di sepanjang Jalan Raya Bandung. Biasanya, terjadi kemacetan di wilayah tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com