Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun 56 Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren, Jokowi Minta Warga Tidak Pinjam ke Rentenir

Kompas.com - 31/12/2019, 06:07 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah saat ini telah membangun 56 Bank Wakaf Mikro di pondok pesantren yang tersebar di Tanah Air.

Untuk itu ia berharap agar warga yang tinggal di sekitar pesantren tidak meminjam dana ke rentenir bila ingin mengembangkan usahanya.

“Jangan sampai pinjamnya ke rentenir, hati-hati, hati-hati nggih. Setop. Sekarang sudah ada Bank Wakaf Mikro,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Peluncuran Bersama Bank Wakaf Mikro Apik Kaliwungu dan Al Fadllu Kendal di Pondok Pesantren APIK, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Senin (30/12/2019) sore.

Baca juga: Sri Mulyani, Gowes dengan Jokowi, dan Infrastruktur....

Dilansir dari setkab.go.id, Jokowi menjelaskan 56 Bank Wakaf Mikro yang dibangun telah menjangkau 25 usaha mikro dan kecil dengan bantuan yang disalurkan mencapai Rp 34 miliar.

Rencananya masih ada 50 Bank Wakaf Mikro yang akan kembali dibuka.

“Nanti tadi Pak Ketua OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga sudah menyampaikan, sudah disiapkan lagi kurang lebih 50 bank wakaf mikro yang akan dibuka, dibuka, dibuka, dibuka lagi. Ini patut kita syukuri, alhamdulillah,” jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan saat mengajukan pinjaman ke Bank Wakaf Mikro, warga tidak perlu memakai jaminan namun yang terpenting adakah kepercayaan.

Baca juga: Cerita Penjual Intip Goreng Depan Masjid Kendal: Kaget yang Beli Jokowi

Di bank tersebut warga bisa meminjam dana mulai Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

“Ini kepercayaan, karena pemerintah berusaha untuk membuka sebanyak-banyaknya Bank Wakaf Mikro agar ada akses keuangan, gampang mencari modal dari usaha-usaha mikro kita untuk lingkungan pondok pesantren. Karena memang bank wakaf mikro ini dikhususkan untuk segmen usaha-usaha kecil dan usaha-usaha mikro,” jelas Jokowi.

Jokowi berpesan warga yang mendapatkan pinjaman dari Bank Wakaf Mikro benar-benar memanfaatkan dana untuk modal usaha.

Baca juga: Jokowi: Sekarang yang Dibutuhkan Tak Hanya Ijazah, tapi Skill

“Jangan sampai nanti dapat Rp 2 juta, jalan-jalan ke mal lagi, kok ada baju baru, ingin beli baju Rp 300.000. Jalan jalan lagi aduh kok ada ini, sama ini, beli lagi Rp 200.000, Rp 500.000. Apa yang terjadi? Suatu titik pasti akan kesulitan dalam mengangsur atau mencicil bantuan pinjaman itu,” jelas Jokowi.

Saat pertemuan itu, Jokowi didampingi Menteri Agama Fahrul Razi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Ketua OJK Wimboh Santoso, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan pengasuh Pondok Pesantren APIK KH. Sholahuddin Humaidullah Irfan dan pengasuh Pondok Pesantren Al Fadllu 2 KH. Alamuddin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com