Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Tahun 2020 Dibangun 2000 BLK Komunitas

Kompas.com - 31/12/2019, 05:35 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan pada tahun 2020 akan ada 2.000 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat bekunjung ke Pondok Pesantren Al-Fadllu 2 Kendal, Senin (30/12/2019) siang.

“Nanti tahun depan 2020 lipat 2 kali, 2.000 (BLK Komunitas),” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Peresmian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Se-Indonesia, di Pondok Pesantren Al-Fadllu 2 Kendal, Senin siang.

Baca juga: Cerita Penjual Intip Goreng Depan Masjid Kendal: Kaget yang Beli Jokowi

Dilansir dari setkab.go.id, Jokowi menjelaskan pada awal pemerintahannya di tahun 2017, pihaknya telah membangun 50 BLK Komunitas dan berkembang menjadi 75 BLK Komunitas pada tahun 2018.

Pada tahun 2019 bertambah menjadi 1.000 BLK.

Menurutnya BLK harus benar-benar berkembang dan menghasilkan sumber daya manusia yang baik khususnya di pondok pesantren.

“Golnya harus ke sana. Kalau nanti 2000 ini bener-bener kita lihat berjalan semuanya, nanti akan lipat lagi menjadi 4000. Insyaallah tahun depannya lagi. Karena kita memiliki 29 ribu pondok pesantren di seluruh tanah air,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan saat ini kompetisi antar negara sudah sangat ketat sehingga SDM dan harus bersaing.

Baca juga: Jokowi Minta Ada Aktivitas Ekonomi Kreatif di Kota Lama Semarang

“Begitu sebuah negara kalah ekonominya kalah SDM (Sumber Daya Manusia)-nya, sudah, ditinggal oleh negara lain,” kata Jokowi.

Saat ini menurut Jokowi, ekonomi Indonesia masih stabil dan pertumbuhannya masih di atas 5 persen di tengah ekonomi dunia yang bergejolak.

“Ini alhamdulillah patut kita syukuri, karena ada negara yang pertumbuhan ekonominya 7 anjlok jadi -1,5 ada yang 4 anjlok jadi 0,5 ada yang 10 anjlok jadi 6. Sehingga sekali lagi patut kita syukuri. Jangan kita kufur nikmat,” kata Jokowi.

Saat berkunjung di Kendal, Jokowi disampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Fadllu K.H. Dimyati Rois beserta Pimpinan Pondok Pesantren Al-Fadlu 2 K.H. Alamudin Dimyati Rois, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com