Labuan Bajo Diusulkan Jadi Lokasi KTT APEC dan G20, Polda NTT Bentuk Satuan Polisi Pariwisata

Kompas.com - 30/12/2019, 18:26 WIB
Wakil Kepala Kepolisian Daerah NTT Brigjen Pol Johannes Asadoma bersama sejumlah pejabat Polda NTT, saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan di Mapolda NTT, Senin (30/12/2019) KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BEREWakil Kepala Kepolisian Daerah NTT Brigjen Pol Johannes Asadoma bersama sejumlah pejabat Polda NTT, saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan di Mapolda NTT, Senin (30/12/2019)

KUPANG, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur ( NTT) berencana membentuk Satuan Polisi Pariwisata yang bakal ditempatkan di beberapa objek wisata, termasuk Labuan Bajo.

Pembentukan satuan baru itu diusulkan setelah pemerintah mengajukan Labuan Bajo, NTT, sebagai jadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC) atau KTT G20 yang rencananya bakal berlangsung pada 2023.

Selain itu, saat ini pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas.

"Kita akan berupaya maksimal melaporkan ke Mabes Polri, untuk segera direalisasikan pembentukan Polisi Pariwisata ini," ujar Wakapolda NTT Brigjen Johannes Asadoma di Kupang, NTT, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Deretan Konsorsium yang Ikut Tender Pengelolaan Bandara Labuan Bajo...

Johannes mengatakan, selain di Labuan Bajo, Satuan Polisi Pariwisata Polda NTT bakal ditempatkan di kawasan wisata lain. Semisal, Sumba, Rote, dan Alor.

"Kita harapkan mudah-mudahan tahun ini sudah bisa terbentuk Polisi Pariwisata karena kebutuhan tidak bisa dihindari," ucap Johannes.

Untuk menyukseskan Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT APEC atau KTT G20 2023, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sampai tidak cuti pada sisa tahun ini.

Luhut akan memastikan kesiapan Labuan Bajo untuk jadi tuan rumah pertemuan para kepala negara itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X