Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bogor-Puncak Ditutup pada Malam Tahun Baru, Ini Jadwal Penutupannya

Kompas.com - 29/12/2019, 07:04 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com -  Jalur Puncak-Bogor akan ditutup untuk kendarapaan pada Malam Tahun Baru 2020 mulai Selasa (31/12/2019) pukul 18.00 hingga Rabu (1/01/2020) pukul 06.00 WIB. Di jalur sepanjang 22 kilometer itu akan diterapkan car free nigt. 

Demi mencegah terjadi penumpukan kendaraan jelang akhir tahun di kawasan itu, polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan skema sistem satu arah (one way) mulai tiga hari jelang malam pergantian tahun.

Penerapan sistem satu arah akan dilakukan secara bergantian. Penutupan dari arah Puncak dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Sedangkan, ke arah Bogor mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Pada waktu selebihnya akan normal dua arah.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak

Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan, rekayasa lalu lintas tersebut sama halnya seperti yang dilakukan Satlantas Polres Bogor saat akhir pekan.

"Pantauan tadi itu diarahkan ke atas (Puncak) dan setelah semua sudah mengarah ke sana kemudian distop lagi, satu jalur dari atas (PUncak) mulai diarahkan ke bawah (Bogor). Jadi sistem one way yang diterapkan lagi oleh Polres Bogor," ujarnya saat meninjau langsung kondisi arus lalu lintas jalur Puncak-Bogor, Sabtu (28/12/2019) kemarin.

Khusus saat malam Tahun Baru 2020, polisi akan melakukan penutupan jalan mulai pukul 18.00 WIB pada Selasa mendatang. Jalur akan dibuka kembali Rabu besoknya pukul 06.00 WIB.

Kebijakan itu diambil karena telah diberlakukan car free night atau bebas kendaraan malam hari, dalam rangka menyambut Tahun Baru.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar bergerak ke Puncak paling lambat pada Selasa (31/12) sebelum pukul 18.00 WIB.

"Karena itu harapannya masyarakat semua yang mau menuju Puncak, Bogor harus sudah paham tentang hal ini dari jauh-jauh hari, supaya mempersiapkan diri sebelum pukul 18.00 WIB dan itu harus sudah naik ke atas semua bila mau liburan ke Puncak," ungkapnya.

Pihaknya memastikan tidak akan ada pengalihan arus lalu lintas saat car free night berlangsung. Orang yang akan ke Bandung atau sudah terlanjur terjebak penutupan one way bisa menggunakan Jalur alternatif lain, seperti Jonggol dan Sukabumi.

"Tidak ada pengalihan sama sekali dan ditutup total, kalau (mobil) mau ke Bandung ya lewat Sukabumi atau Jonggol dan lain lain," kata dia.

"Jarak car free night 22 kilometer dan akan steril semua (mobil) karena kantong-kantong parkir pun sudah disiapkan untuk mengantisipasi hal ini," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com