Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Beroperasi Besok, Tiket Kereta Bandara Adi Soemarmo Gratis Selama 2 Bulan

Kompas.com - 28/12/2019, 22:40 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai mengoperasikan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo mulai Minggu (29/12/2019).

Dalam dua bulan pertama operasinya, penumpang Kereta Api Bandara Adi Soemarmo bisa menikmati fasilitas itu secara gratis.

"Pada dasarnya sudah siap 100 persen. Besok (Minggu) akan kita lakukan soft opening untuk dioperasikan secara terbatas. Headway (jeda antara kedatangan kereta)-nya mungkin 1 jam," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan fasilitas Kereta Api Bandara di Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019).

"Sementara dua bulan ini nanti tarif tiketnya Rp 0. Setelah itu akan kita kaji lagi," kata Budi menambahkan.

Penggratisan tarif tiket untuk dua bulan pertama pengoperasian agar anak-anak sekolah dan masyarakat dari luar Solo, seperti Wonogiri, Sragen yang ingin pergi ke Bandara Adi Soemarmo bisa menggunakan antar modal terintegrasi itu.

Baca juga: Catat, Daftar Harga, Rute dan Jadwal Kereta Bandara Tahun 2019

Selain itu, pemerintah ingin Kereta Api Bandara Adi Soemarmo menjadi contoh moda transportasi terintegrasi yang baik bagi masyarakat.

"Bayangkan orang dari Wonogiri, orang dari Madiun turun di Terminal Tirtonadi bisa langsung ke Bandara Adi Soemarmo dan ke mana-mana," ungkap Budi.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro menambahkan, Kereta Api Bandara Adi Soemarmo menyediakan dua rangkaian kereta satu cadangan untuk melayani relasi Stasiun Solo Balapan-Stasiun Bandara Adi Soemarmo.

"Jadi, kereta ini langsung masuk ke bandara. Tidak nyambung ke mana-mana. Ini adalah kereta pertama di Indonesia yang masuk ke bandara," ucap Edi.

Baca juga: Ada yang Salah dari Banyaknya Warga Gunakan Kereta Bandara ke Jakarta....

Kereta Api Bandara akan melayani sebanyak 60 perjalanan pulang-pergi dalam sehari menggunakan Kereta Api Solo Ekspres buatan PT INKA Madiun.

Satu rangkaian Kereta Api Solo Ekspres terdiri dari empat kereta dengan kapasitas angkut sebanyak 393 penumpang.

Kereta Api Bandara ini dilengkapi dengan pendingin udara, layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com