Survei I2: Febri Diansyah dan Nadiem Makarim, Tokoh Milenial Terpegah dan Tervokal 2019 di Media Online

Kompas.com - 28/12/2019, 07:10 WIB
Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberikan keterangan pers terkait pengembangan perkara kasus tindak pidana korupsi pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) Pemerintah Kota Bandung di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). KPK telah menerima hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam rangka perhitungan dugaan kerugian keuangan negara terkait kasus tersebut sebesar Rp69 miliar dari realisasi anggaran sekitar Rp115 miliar. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz ANTARA FOTO/Aprillio AkbarJuru Bicara KPK Febri Diansyah memberikan keterangan pers terkait pengembangan perkara kasus tindak pidana korupsi pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) Pemerintah Kota Bandung di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). KPK telah menerima hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam rangka perhitungan dugaan kerugian keuangan negara terkait kasus tersebut sebesar Rp69 miliar dari realisasi anggaran sekitar Rp115 miliar. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz

BANDUNG, KOMPAS.com – Tokoh-tokoh milenial yang bergelut dalam berbagai bidang turut mewarnai pemberitaan media massa, khususnya media online di Indonesia sepanjang 2019.

Dengan menggunakan artificial interlligence, Indonesia Indicator (I2) mencatat 10 figur milenial yang mendapat sorotan dan pemberitaan 4.019 media online di Indonesia.

“Mereka adalah orang lahir pada 1983 atau setelahnya dan (dalam survei ini) bukan berasal dari kalangan artis,” ujar Direktur Komunikasi I2 saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/12/2019).

Baca juga: Riset I2: Daftar 10 Tokoh Terpegah Media Massa 2019, Jokowi dan Prabowo Bersaing

 

Tokoh Milenial Terpegah

Tokoh milenial terpegah atau top person diduduki mantan Juru bicara KPK, Febri Diansyah (36 tahun).

“Febri populer karena kerap memberikan keterangan kepada media ihwal kerja KPK dan segala yang berhubungan dengan komisi antikorupsi itu,” tutur Rustika.

Selain mengenai OTT KPK, Febri banyak muncul di media dalam sejumlah isu, seperti polemik revisi UU KPK, pemilihan pimpinan KPK periode 2019-2023, dan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan. Total pemberitaan tentang Febri mencapai 67.272 berita.

Indonesia Indicator juga mencatat, dua pasangan ganda putra bulu tangkis Indonesia, yakni Markus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan menduduki posisi terpegah selanjutnya.

Ganda putra peringkat 1 dan 2 dunia itu banyak diberitakan media karena memenangkan sejumlah turnamen bulu tangkis pada 2019. Markus-Kevin menjuarai 8 turnamen, sementara Hendra-Ahsan meraih 4 gelar juara.

Baca juga: Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil Dianggap Kepala Daerah Terpegah 2017

Hendra Setiawan (35 tahun) menduduki posisi ke-2 Tokoh Milenial Terpegah 2019 dengan 18.176 berita. Sementara Marcus Fernaldi Gideon (28 tahun) menempati posisi ketiga dengan 17.033 berita.

Kevin Sanjaya Sukamuljo (24 tahun) berada di peringkat ke-4 dengan 16.651 berita. Posisi ke-5 ditempati Mohammad Ahsan (32 tahun) dengan 16.651 berita.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X