Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KALEIDOSKOP 2019: Kecelakaan di Tol Cipularang yang Tewaskan 26 Orang

Kompas.com - 27/12/2019, 05:15 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Sepanjang 2019, sebanyak 26 orang meninggal akibat kecelakaan di tol Cipularang di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Berdasarkan catatan Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta terdapat 25 kecelakaan di wilayah Purwakarta. Dari sejumlah kecelakaan tersebut, 26 orang meninggal, 9 luka berat, dan 92 orang luka ringan.

"Dari sejumlah kecelakaan tersebut, tiga kecelakaan terjadi di kilometer 91 B," kata Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Zanuar Cahyo Wibowo saat dihubungi, Rabu (18/12/2019).

Kecelakaan pertama terjadi pada 31 Januari 2019 dengan satu orang meninggal dan satu luka ringan.

Kedua pada 24 Agustus 2019. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

Ketiga kecelakaan pada 2 September 2019 yang mengakibatkan delapan orang tewas, tiga luka berat, dan 20 luka ringan. Kecelakaan ini melibatkan 20 kendaraan.

Sementara itu, kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa terbanyak terjadi pada 28 Januari 2019 di Kilometer 70 B tol Cipularang yang mnegakibatkan 10 orang meninggal, 5 luka berat, dan 20 luka ringan.

1. Kecelakaan Evi Apita Maya, anggota DPD RI yang digugat kelewat cantik

Anggota DPD RI Evi Apita Maya mengalami kecelakaan di tol Cipularang kilometer 77 B arah Bandung menuju Jakarta, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Minggu (17/11/2019) malam.HANDOUT Anggota DPD RI Evi Apita Maya mengalami kecelakaan di tol Cipularang kilometer 77 B arah Bandung menuju Jakarta, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Minggu (17/11/2019) malam.

Anggota DPD RI Evi Apita Maya mengalami kecelakaan di tol Cipularang kilometer 77 B arah Bandung menuju Jakarta, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Minggu (17/11/2019) malam.

Kronologi

Evi Apita yang digugat ke Mahkamah Konstitusi lantaran fotonya diedit terlalu cantik itu mengendarai mobil Honda CRV Nopol DR 1063 BH.

Baca juga: Anggota DPD yang Digugat karena Fotonya Terlalu Cantik Alami Luka Ringan dalam Kecelakaan di Tol Cipularang

Setiba di kilometer 77 mendahului kendaraan di depannya, kemudian oleng dan menabrak kendaraan Datsun Nopol B 1302 NOK.

Kendaraan Datsun tersebut terguling ke kanan membentur gadril atau pembatas jalan yang berada di sebelah kanan jalan dan tertabrak oleh kendaraan Suzuki X-Over Nopol D 1469 PU, yang dikemudikan oleh Sandra Hikmah Hermawan yang berada di jalur cepat.

Akibat kecelakaan tersebut, sembilang orang yang terdiri dari dua pengemudi dan penumpang mengalami luka ringan. Para korban dibawa ke RS MH Thamrin, Purwakarta.

Pada kecelakaan itu, Evi mengalami luka ringan. Ia tak dirawat inap di rumah sakit.

Kerugian materil akibat kecelakaan itu ditaksir mencapai Rp 30.000.000.

2. Kecelakaan Bus Bintang Estu, satu orang tewas

Ilustrasi kecelakaan bus di jalan bebas hambatan. Sumber: Shutterstock Ilustrasi kecelakaan bus di jalan bebas hambatan. Sumber: Shutterstock

Seorang kernet bus tewas akibat kecelakaan di tol Cipularang KM 96.800 A, Kampung Nagrak, Desa Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Selasa (12/11/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Sementara tiga penumpang luka-luka.

Korban meninggal atas nama Nana Komara (25), kernet bus PO Bintang Estu Terang, warga Kampung Sindang Rasa, RT RT 006 RW 015, Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Ia meninggal setelah mendapatkan perawatan di RS Thamrin Purwakarta.

Kronologi

Kecelakaan bermula saat Bus PO Bintang Estu Terang dengan Nopol T-1682-GB yabg dikendarai Adang Sudrajat datang dari arah Jakarta menuju arah Bandung.

Baca juga: Kecelakaan di Tol Cipularang, Seorang Kenek Bus Tewas

 

Sesampainya di TKP, kata dia, ketika melintas di jalan lurus dan menanjak pengemudi mengantuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com