Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Cincin di Sejumlah Daerah, Warga Antre Berfoto hingga Pemecahan Rekor

Kompas.com - 26/12/2019, 18:03 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia hari ini dibuat heboh dengan fenomena langka gerhana matahari cincin (GMC), Kamis (26/12/2019).

Dikutip dari Kompas.com, ada 25 wilayah Indonesia yang dapat melihat gerhana matahari cincin tersebut. Selain itu, ada beberapa daerah lain juga yang hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Berikut ini sejumlah fakta menarik fenomena gerhana matahari cinci yang Kompas.com rangkum dari berbagai daerah:

1. Gerhana matahari cincin lintasi 5 wilayah di Riau, Siak terlihat penuh

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Bibin Sulianto mengatakan, fenomena langka GMC akan melintasi lima wilayah di Riau pada Kamis (26/12/2019) siang.

Dijelaskannya, kelima wilayah tersebut yakni Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Dumai, Pulau Padang Kabupaten Bengkalis dan Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Siak.

"Kalau di Siak gerhana matahari cincin akan terlihat full. Kalau wilayah lain hanya terlihat sebagian," katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Lintasi 5 Wilayah di Riau, di Siak Terlihat Penuh

 

2. Warga di Medan antre berfoto

Seorang warga Medan melihat terjadinya gerhana matahari dengan teropong yang disediakan oleh Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU, Kamis (26/12/2019).KOMPAS.COM/DEWANTORO Seorang warga Medan melihat terjadinya gerhana matahari dengan teropong yang disediakan oleh Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU, Kamis (26/12/2019).

Fenomena langkah GMC di Medan terbilang unik. Pasalnya, sejumlah orang dewasa dan anak-anak, baik laki-laki dan perempuan berebut untuk berfoto di sebuah panggung di kampus pascasarjana Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara (UMSU).

Panggung itu berlatang belakang video GMC yang hanya terlihat sebagian di Medan.

Ahmad Kurniawan Tarigan (21), seorang mahasiswa di UMSU mengatakan, dia sengaja datang bersama dua orang rekannya untuk melihat gerhana matahari sejak pagi tadi sekaligus agar bisa mengikuti sholat gerhana.

"Kurang puas kalo liatnya hanya dari teropong atau kacamata. Jadi nunggu giliran foto, bagus kayaknya kalau foto dengan background gerhana," katanya.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin, Warga Medan Antre Berfoto

 

3. Pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan penyerahan 3000 kacamata khusus

Ilustrasi kacamatapeshkov Ilustrasi kacamata

Rektor UMSU DR. Agussani MAP mengatakan, kegiatan ini sudah diagendakan sejak 6 bulan yang lalu untuk pengamatan terjadinya gerhana matahari.

Agussani menjelaskan, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) berupa penyerahan 3000 kacamata khusus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com