Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang Meningkat, Bus Tingkat Wisata Werkudara Dioperasikan Setiap Hari Selama Nataru

Kompas.com - 25/12/2019, 20:41 WIB
Labib Zamani,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta mengoperasikan bus tingkat wisata Werkudara setiap hari selama liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Hal tersebut dilakukan menyusul meningkatnya jumlah penumpang yang ingin berwisata keliling Solo menggunakan bus tingkat.

"Di hari biasa kita berjalan hanya tiga kali. Ini (liburan Natal dan tahun baru) enam kali berjalan," kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Surakarta Taufiq Muhammad di Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/12/2019).

Bus tingkat Werkudara ini mampu membawa sekitar 52 penumpang. Sebagian penumpang ada yang duduk di atas, sebagian lainnya duduk di bawah.

Baca juga: Mudik ke Solo, Coba Jajal Serunya“City Tour” Naik Bus Tingkat

Taufik mengungkap, peningkatan penumpang bus tingkat Werkudara terjadi sejak Sabtu (21/12/2019) dan Minggu (22/12/2019). Pihaknya memprediksi, peningkatan itu akan terjadi hingga akhir 2019.

Meski mengalami peningkatan jumlah penumpang, kata Taufiq, tidak ada peningkatan tarif. Harga tiket bus tingkat Werkudara sebesar Rp 20.000 per orang. Sedangkan tarif sewa bus tingkat sebesar Rp 800.000.

"Maksimal sehari tiga kali perjalanan. Satu trip dengan durasi waktu tiga jam," ungkapnya.

Taufik mengungkap, penumpang yang memanfaatkan bus tingkat Werkudara untuk berwisata keliling Solo kebanyakan dari luar kota. Mereka ada dari Denpasar, Malang, Bandung dan lainnya.

Baca juga: Naik Bus Tingkat Jakarta-Semarang-Solo, Bisa Nonton Film hingga Bikin Kopi Sendiri

Sebagaimana diketahui, bus tingkat Werkudara beroperasi pada Sabtu, Minggu, atau tanggal merah lainnya. Waktu keberangkatan adalah mulai pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB, dan 15.00 WIB.

Rute bus tingkat Werkudara adalah Kantor Dishub-perempatan Manahan-pertigaan Kerten-Sriwedari-Gladag-Balai Kota-Pasar Gede-Bank Indonesia.

Biasanya di depan Bank Indonesia, bus akan berhenti untuk memberi kesempatan penumpang foto-foto.

Selanjutnya bus melanjutkan perjalanan ke perempatan Panggung-Tugu Cembengan-Taman Satwa Taru Jurug. Bus tingkat Werkudara kemudian memulai perjalanan kembali ke Kantor Dinas Perhubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com