Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Es Melanda Wilayah Baturraden

Kompas.com - 25/12/2019, 18:21 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Fenomena hujan es terjadi di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (25/12/2018).

Kepala Desa Kemutug Kidul Kardi Daryanto menjelaskan, hujan es terjadi bersamaan dengan hujan lebat yang disertai angin kencang di wilayah setempat sekitar pukul 15.00 WIB.

"Iya ada hujan es di Baturraden, khususnya di desa saya, desa yang lain saya belum dengar. Kejadian hujan es bersamaan dengan hujan lebat," kata Kardi saat dihubungi, Rabu.

Baca juga: Mengapa Hujan Es Bisa Terjadi di Lombok Tengah? Ini Penjelasan BMKG

Kardi mengungkapkan, hujan es menimbulkan suara keras pada bagian atap rumah. Hujan es yang turun rata-rata berukuran sebesar kelereng.

"Ukuran sekelereng-kelereng, suara keras di atap karena kejatuhan es. Hujan es berlangsung sekitar 20 menit saat hujan lebat, kalau sekarang sudah reda," ujar Kardi.

Menurut Kardi, fenomena hujan es baru kali pertama terjadi di wilayahnya. Warga setempat sempat heboh atas fenomena alam yang jarang terjadi itu.

 Baca juga: Puting Beliung dan Hujan Es Rusak Puluhan Rumah di Lombok Tengah

Kardi mengatakan hujan lebat yang disertai angin dan hujan es mengakibatkan sejumlah atap rumah warga rusak. Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan.

"Karena disertai dengan angin, akhirnya banyak atap rumah warga yang terbang," kata Kardi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Ariono membenarkan peristiwa hujan es tersebut.

"Betul, sementara informasi yang kami terima hujan es terjadi di wilayah Desa Kemutug Kidul dan sekitarnya," jelas Ariono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com