Dapat Remisi Natal, Satu Warga Binaan Lapas Narkotika Langsung Bebas

Kompas.com - 24/12/2019, 20:18 WIB
Humas Kanwil Kemenkumham Kepri Rinto Gunawan KOMPAS.COM/HADI MAULANAHumas Kanwil Kemenkumham Kepri Rinto Gunawan

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Sedikitnya ada 229 narapidana mendapatkan pengurangan masa hukuman atau remisi Natal pada 2019 ini.

Bahkan dari jumlah itu, enam di antaranya langsung menghirup udara bebas.

Humas Kanwil Kemenkumham Kepri Rinto Gunawan mengatakan, 229 narapidana yang menerima remisi khusus terdiri dari 38 napi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjungpinang, 30 orang dari Lapas Batam dan 20 dari Lapas Narkotika Tanjungpinang.

Kemudian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Batam 2 orang, Lapas Perempuan Batam 4 orang, Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang 12 orang dan Rutan Batam 52 orang. Selanjutnya, Rutan Tanjungbalai Karimun 9 orang dan Cabang Rutan Dabo Singkep 2 orang.

"Total seluruhnya ada 229 orang wargabinaan yang mendapatkan remisi Natal 2019," kata Rinto melalui telepon, Selasa (24/12/2019).

Baca juga: Beri Remisi Natal, Ditjen PAS Klaim Hemat Anggaran Rp 6,3 Miliar

Untuk enam orang yang langsung bebas di antaranya berada di Lapas Tanjungpinang satu orang, Lapas Batam satu orang, Lapas Narkotika satu orang dan Rutan Batam tiga orang.

"Enam orang langsung bebas di seluruh pemasyarakatan di Kepri," ujarnya.

Rinto menjelaskan, pemberian remisi akan diserahkan pada hari Natal. Untuk memperoleh remisi ini napi harus berkelakuan baik selama menjalani proses hukum dan telah menjalani masa hukuman selama enam bulan.

"Dengan diberikannya remisi ini, ke depan napi yang menjalani proses hukum semakin baik dan napi yang bebas dapat diterima oleh masyarakat dan tidak mengulangi tindakan kriminal," pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X