Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 2020, Beli Tiket Feri Merak-Bakauheni Hanya Lewat Online

Kompas.com - 24/12/2019, 20:06 WIB
Acep Nazmudin,
Khairina

Tim Redaksi

 

MERAK, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry akan memberlakukan aturan penjualan tiket kapal feri lintas Merak-Bakauheni dan sebaliknya, hanya lewat online. 

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok skema tiket online tersebut dan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait implementasinya. 

"Mulai godok enam bulanan, kita ada konsultan yang ahli trafik manajemen, mungkin Februari akan mulai sosialisasi dan on-nya Lebaran tahun depan," kata Ira di Pelabuhan Merak, Selasa (24/12/2019).

Baca juga: Melahirkan di Dalam Feri Saat Dirujuk ke RS, Perempuan Ini Berduka, Bayinya Tiada

Ira mengatakan, sistem penjualan tiket online tersebut diharapkan bisa menjadi solusi sering terjadinya penumpukan penumpang terutama saat hari libur atau musim mudik.

Ketika sudah online, kata dia, calon penumpang nantinya bisa datang ke pelabuhan sesuai jam keberangkatan yang tertera di dalam tiket yang sudah dibeli online. 

"Nanti tiket akan dialokasikan berdasarkan waktu, walaupun belum dapat kepastian kapal apa, tapi sudah ada bayangan jam berapa masuk pelabuhan," kata Ira.

Salah satu hal yang perlu digarap serius soal pemberlakuan tiket online ini, kata Ira, adalah menyesuaikan antara ketersediaan kapal dan calon penumpang.

Baca juga: Kerusuhan di Pelabuhan Feri Calon Ibu Kota Negara, 158 Bangunan Terbakar dan 322 KK Mengungsi

Saat ini, terdapat 34 kapal yang beroperasi di Merak dan kerap terjadi penumpukan penumpang di jam-jam tertentu. 

"Sekarang yang terjadi beberapa jam saja membeludak kita ingin distribusi dalam 24 jam itu rata, kita harapkan dengan sistem online terkelola dengan baik. Itu hal yang akan kita godok, intinya untuk kebaikan pengguna jasa, di mana ketertiban dan kelancarannya jauh lebih terjamin kalau online," kata dia.

Setelah penjualan online resmi diterapkan, nantinya tidak akan ada penjualan tiket langsung di pelabuhan, seperti halnya di bandara.

Untuk penjualan tiket online kapal Ferry, kata Ira, saat ini baru bisa dilakukan di website ASDP Ferry saja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com