Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu, Prediksi Puncak Arus Balik Libur Natal 2019

Kompas.com - 24/12/2019, 18:52 WIB
Farida Farhan,
Khairina

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com-PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik Natal 2019 terjadi pada Rabu (25/12/2019) besok. Sejumlah cara dipersiapkan untuk mengantisipasi kepadatan.

"Puncak arus balik libur Natal diprediksi terjadi besok, 25 Desember 2019," ujar Operation Management Group Head Jasa Marga Fitri Wiyanti saat konferensi pers evaluasi arus mudik dan prediksi arus balik Natal 2019 di Pos Pantau Jasa Marga Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (24/12/2109).

Fitri mengatakan, prediksi jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada 25-26 Desember 2019 sejumlah 338.020 kendaraan atau naik 3,06 persen dari tahun 2018 atau naik 43,26 persen dari normal.

Baca juga: Jadwal Arus Balik Terjadi Hari Ini, Tol Japek Bertahan Two Way

Distribusi lalu lintas balik 55 persen dari arah timur, 26 persen arah barat, dan 19 persen dari arah selatan.

"Lalu lintas dari arah timur mayoritas melintas jalur Pantura 53 persen dan melintas dari jalur selatan atau tengah sebesar 47 persen," kata Fitri.

Untuk mengantisipasi kepadatan pada arus balik Natal 2019, Jasa Marga telah menyiapkan optimalisasi pelayanan transaksi di antaranya dengan menambah tiga gardu di gerbang tol (GT) Cikunir 6, pelayanan lalu lintas, tempat istirahat dan pelayanan, dan instribusi informasi lalu lintas.

"Kami juga menempatkan petugas jalan tol untuk memastikan kondisi kelancaran dan keamanan selama di jalan tol," katanya.

Baca juga: Puncak Arus Balik Nataru Diprediksi 1-2 Januari 2020

Khusus untuk tol Jakarta Cikampek Layang, Jasa Marga menambah dua alat derek, melakukan mobilisasi penuh di atas jalan tol tersebut oleh seluruh layanan kendaraan jalan tol, hingga ambulans.

"Kami juga bekerja sama dengan Pertamina Modular untuk layanan penyediaan bahan bakar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com