Gerhana Matahari Cincin, BMKG Hang Nadim Siapkan Teropong dan Layar Lebar

Kompas.com - 24/12/2019, 18:14 WIB
BMKG Hang Nadim Batam akan menggelar pemantauan Gerhana Matahari Cincin di Dataran Engku Putri, Kamis (26/12/2019) lusa. BMKG Hang Nadim Batam akan menyediakan tropong dan layar lebar untuk warga Batam yang ingin menyaksikan Fenomena langka ini. KOMPAS.COM/HADI MAULANABMKG Hang Nadim Batam akan menggelar pemantauan Gerhana Matahari Cincin di Dataran Engku Putri, Kamis (26/12/2019) lusa. BMKG Hang Nadim Batam akan menyediakan tropong dan layar lebar untuk warga Batam yang ingin menyaksikan Fenomena langka ini.

 

BATAM, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim menggelar pemantauan bareng fenomena gerhana matahari cincin (GMC) di Kota Batam.

Bahkan, selain teropong, BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim juga menyediakan layar besar agar masyarakat Batam dapat menyaksikan dengan seksama proses gerhana matahari cincin ini.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan kegiatan pemantauan gerhana matahari cincin bersama ini dilakukan di Dataran Engku Putri, Batam. 


Baca juga: Kamis, Gerhana Matahari Cincin Bakal Terjadi di Sebagian Wilayah Kepri

Nantinya, teropong tersebut terhubung dengan layar besar, sehingga masyarakat cukup menonton di layar saja.

"Jadi tidak perlu membeli kacamata khusus, karena bisa menyaksikannya di layar besar yang disediakan, yang pasti lebih jelas dan lebih aman," kata Suratman, Selasa (24/12/2019).

Bahkan, untuk memeriahkan proses penyaksian gerhana matahari cincin ini, di lokasi Dataran Engku Putri juga disediakan bazar.

"Untuk menyukseskan kegiatan BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Dinas Pariwisata Batam juga menyelenggarakan bazar di dataran Engku Putri," kata Kadis Pariwisata Kota Batam Ardiwinata.

Baca juga: 26 Desember Gerhana Matahari Cincin, Apa yang Bisa Dipelajari?

Ardi mengatakan pihaknya juga mengundang Tim Bosscha ITB dan beberapa orang pakar ilmu falaq untuk memeriahkan kegiatan ini.

"Selain bazar, juga ada pentas seni anak sekolah, dan pertunjukan musik, " jelasnya.

Sedangkan pada hari H, 26 Desember 2019, opening ceremony mulai dari pembukaan dan lainnya.

Setelah itu, terdapat acara lomba mewarnai gerhana, lomba mengambar gerhana, live mural, pangung puisi, joget dangkong, dan shalat gerhana.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X