Alasan Urban+ Jadi Pemenang Desain Sayembara Ibu Kota Negara Menurut Ridwan Kamil

Kompas.com - 23/12/2019, 18:36 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (23/12/2019). KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (23/12/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Naga Rimba Nusantara karya Urban+ didapuk sebagi pemenang desain sayembara Ibu Kota Negara (IKN).

Salah satu juri sayembara IKN yang juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, konsep desain tersebut dipilih oleh Presiden Joko Widodo karena memiliki sejumlah kelebihan.

Pertama, kata Ridwan, desain IKN yang diusung Urban+ punya keberfungsian yang bisa dipertanggungjawabkan dengan pemanfaatan lahan yang efisien.

"Kemudian yang disukai Presiden karena punya identitas keindonesiaan. Dia punya danau Pancasila, di mana di danau itu ada sila-sila dalam bentuk bangunan dan kegiatan, kemudian ada koridor monumental karena ini ibu kota, jadi monumentalisme itu penting dan kebetulan posisi istananya sesuai dengan harapan Presiden di sebuah bukit yang sudah dipilih," tutur Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Sayembara Desain Ibu Kota Baru, Jangan Sampai Masalah Jakarta Pindah ke Kaltim

Selain itu, desain tersebut juga bersifat kontekstual dengan memasukan unsur air, hutan beserta satwa fauna dalam irama pembangunan yang paling proporsional.

Menurut Emil, Urban+ juga membawa konsep perkotaan yang lebih baik daripada tata kota yang sudah ada di Indonesia saat ini.

Dia mendesain dengan urban system yang jauh lebih baik daripada kota yang ada di Indonesia.

"Semuanya bisa jalan kaki, semuanya smart sistemnya, komposisi ada central park, jadi desainnya juara memang. Itu kawasan pemerintahan dan fungsi hunian juga," katanya.

Baca juga: Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota, Ini Kata Ridwan Kamil

Untuk diketahui, Urban+ merupakan firma arsitek yang salah satunya digawangi Sibarani Sofyan. Sibarani juga dikenal sebagai salah satu arsitek dalam revitalisasi Sungai Kalimalang.

"Desain sudah diputuskan pemenangnya Urban+ ya (salah satu arsiteknya) alumni ITB namanya Sibarani Sofyan dan tim," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X