Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Bentrok Anggota TNI dengan Brimob di Maluku, Berawal dari Ditegur Tak Pakai Helm hingga Berujung Penamparan

Kompas.com - 22/12/2019, 10:55 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS - Empat anggota polisi terluka setelah terjadi bentrok antara oknum anggota TNI dengan anggota Brimob di Pasar Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (21/12/2019) sekitar pukul 19.00 WIT.

Bentrok berawal dari oknum anggota TNI 734 SNS yang tak terima ditegur Brimob karena tidak menggunakan helm hingga berujung penamparan yang dilakukan oleh oknum anggota Brimob. 

Dilansir dari Antara, tak hanya empat anggota polisi yang terluka, bentrokan itu juga mengakibatkan empat unit rumah asrama Polres MTB, satu klinik kesehatan polres, satu unit mobil dan satu unit motor dinas mengalami rusak.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq mengatakan, insiden keributan antara anggota Brimob dan anggota Batalyon 734/SNS, merupakan kesalapahaman antara sesama oknum anggota.

Berikut ini fakta selengkapnya:

1. Kronologi kejadian

Ilustrasi garis polisi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi garis polisi.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem Ohoirat mengatakan, bentrokan terjadi saat anggota Brimob Polda Maluku sedang melaksanakan patroli rutin dan mengatur arus lalu lintas di lokasi kejadian.

Melihat ada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, sambungnya, salah seorang anggota Brimob, Bharatu ML yang saat itu sedang bertugas langsung menegurnya.

“Saat itu langsung terjadi pertengkaran mulut dan berlanjut hingga terjadi penamparan oleh anggota Brimob terhadap warga tersebut yang ternyata anggota Kompi 734 SNS Saumlaki,” katanya.

Baca juga: Kronologi Bentrok Anggota TNI dengan Brimob di Maluku yang Mengakibatkan 4 Polisi Terluka

 

2. Empat angota polisi terluka

Ilustrasi PolisiThinkstock/Antoni Halim Ilustrasi Polisi

Roem mengungkapkan, akibat bentrok tersebut empat anggota polres yang sedang melakukan pengamanan di lokasi kejadian mengalami luka-luka.

"Akibat kejadian tersebut terdapat empat anggota Polri yang mengalami luka lecet," ujarnya dikutip dari Antara.

Masih dikatakan Roem, insiden keributan yang terjadi antara anggota Brimob dan anggota TNI itu dipicu karena kesalapahaman.

Baca juga: Bentrok TNI Vs Brimob di Maluku, 4 Anggota Polisi Terluka

 

3. Bentrok terjadi karena kesalahpahaman

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq saat memberikan keterangan kepada wartawan di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (7/2/2019). KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq saat memberikan keterangan kepada wartawan di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (7/2/2019).

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq mengatakan, insiden keributan yang terjadi antara anggota TNI dan Brimob merupakan kesalapahaman sesama oknum anggota.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com