6 Kasus Penemuan Ular Kobra, Ada di Balik Karpet Masjid hingga Muncul dari Saluran Air Kamar Mandi

Kompas.com - 22/12/2019, 09:00 WIB
Ilustrasi ular kobra shutterstockIlustrasi ular kobra
Editor Setyo Puji

KOMPAS.com - Selama sepekan terakhir, temuan ular kobra meningkat di sejumlah daerah, termasuk Jakarta. Sebut saja, di Cianjur, Gowa, Sukoharjo, Jember, Ngawi, hingga Tasikmalaya.

Munculnya hewan berbisa tersebut sampai menimbulkan korban jiwa. Di Gowa, 4 orang tewas karena gigitan ular kobra.

Banyaknya temuan ular kobra itu ditengarai karena musim hujan telah tiba pada Desember 2019. Pada musim hujan bulan ini, telur ular kobra mencapai tahap menetas dengan sempurna.

"Biasa September itu sudah mulai hujan, otomatis si telur ini sudah membusuk duluan. Tapi, karena ini kemarau panjang, Desember kita hujan, jadi ular menetas sempurna," kata Igor dari komunitas Taman Belajar Ular Indonesia di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara, Kamis (19/12/2019).

Berikut 6 berita penemuan kobra di sejumlah wilayah di Tanah Air:

1. 17 ekor anak kobra di Cianjur

Seorang warga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memperlihatkan seekor ular kobra yang berhasil ditangkapnya, Jumat (20/12/2019). Dalam dua pekan terakhir warga telah menemukan 17 ekor reptil berbisa itu.Istimewa Seorang warga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memperlihatkan seekor ular kobra yang berhasil ditangkapnya, Jumat (20/12/2019). Dalam dua pekan terakhir warga telah menemukan 17 ekor reptil berbisa itu.

Warga di Kampung Pasir Loa RT 003/002, Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat digegerkan dengan penemuan belasan anakan ular kobra.

Anak ular kobra itu banyak ditemukan setelah warga menemukan ular kobra yang diduga induknya sepanjang 1,5 meter. Warga akhirnya membunuhnya.

Salah seorang warga, Khoirul Naim (25), mengatakan, anak ular kobra sering ditemukan di teras dan depan pintu rumahnya. Ia pun curiga, lokasi rumahnya merupakan sarang dari ular kobra.

“Kami jadinya khawatir juga karena ukurannya masih kecil-kecil, takut dijadikan mainan sama anak-anak. Apalagi baru dapat induknya satu," kata dia, Jumat (20/12/2019).

Hingga saat ini, lanjut dia, sudah ada 17 ekor ular kobra yang ditemukan warga di Kampung Pasir Loa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X