Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal dan Tahun Baru, Petugas Temukan Banyak Kendaraan Tak Layak Jalan

Kompas.com - 21/12/2019, 09:26 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Khairina

Tim Redaksi

 

CIANJUR, KOMPAS.com - Petugas gabungan menemukan sejumlah kendaraan tak laik jalan yang melintas di jalur Gebkrong,  Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dalam giat ram check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan, Jumat (20/12/2019).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Joni, menyebutkan, ada 16 kendaraan berbagai jenis yang diperiksa petugas.

Hasilnya, sebanyak 14 di antaranya dinyatakan bermasalah.

"Ada lima kendaraan yang tidak laik jalan karena ban yang sudah gundul, sistem rem yang kurang berfungsi optimal, dan sisanya masa berlaku uji KIR yang sudah habis,” kata Joni, di sela giat, Jumat.

Baca juga: Kemenhub Tilang Belasan Bus Pariwisata Tak Layak Jalan di Borobudur

Sementara Kasat lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama menyebutkan, kegiatan ram check digelar dalam rangka jelang Operasi Lilin Lodaya 2019 di wilayah Kabupaten Cianjur, 

“Giat ini dilaksanakan di dua tempat, di ruas Jalan Raya Cianjur –Sukabumi ini dan jalur Puncak, Cipanas,” sebut dia.

Dalam giat ram check pasca-kecelakaan maut di jalur Gekbrong yang telah merenggut tiga korban jiwa itu, selain dilakukan pengecekan terhadap kelaikan kendaraan, petugas gabungan dari Polres, Dishub, Dinkes dan BNNK juga melakukan pemeriksaan terhadap sopir.

“Sopirnya kita tes urine dan diperiksa kondisi kesehatannya. Sedangkan kendaraannya dicek soal kelaikannya, Termasuk kita periksa apakah muatan kendaraannya overload, overdimensi atau tidak," katanya.

Baca juga: Truk Tanah yang Timpa Mobil Sigra hingga Remuk dalam Kondisi Tak Layak Jalan

Dari hasil tes urine yang dilakukan terhadap belasan sopir truk dan kendaraan lainnya itu, petugas tidak menemukan indikasi penggunaan narkoba ataupun obat-obatan terlarang.

“Tujuannya tentu saja guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengendara, atau penumpang dan pengguna jalan lainnya,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com