Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan Tahun Baru, Bandara Ahmad Yani Semarang Sediakan 8.859 "Seat"

Kompas.com - 20/12/2019, 18:11 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG.KOMPAS.com - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang ada 10 maskapai dengan 16 destinasi penerbangan domestik dan 3 maskapai dengan 3 destinasi penerbangan internasional yang beroperasi.

Total, ada 8.859 seat per hari untuk masing-masing keberangkatan dan kedatangan.

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Hardi Ariyanto menyampaikan, sampai dengan saat ini maskapai yang mengajukan extra flight adalah maskapai Nam Air dengan tujuan Semarang-Pangkalanbun sebanyak 1 slot penerbangan per hari yaitu pada tanggal 18 dan 19 Desember 2019.

Baca juga: H-4 Diprediksi Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu

Selain itu, lanjut Hardi, selama 18 hari ke depan mulai 20 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, pihaknya melaksanakan kegiatan Posko Terpadu Angkatan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Posko Terpadu ini dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan diantaranya adalah memantau trafik pergerakan angkatan udara (pesawat, penumpang dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan bandara," jelas Hardi di Semarang, Jumat (20/12/2019).

Dibandingkan tahun lalu, lanjut Hardi, diprediksi pergerakan penumpang pada Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diperkirakan akan menurun 7 persen, pergerakan pesawat juga diperkirakan akan menurun 7 persen, dan pergerakan kargo diperkirakan akan menurun 7 persen.

Baca juga: 8 Fasilitas Digital Lounge di Bandara Soekarno-Hatta yang Bikin Nyaman

Kegiatan ini, kata Hardi melibatkan 90 orang anggota posko dari Angkasa Pura I, Lanumad A Yani, DENPOM, Koramil, TNI AL, POLRI, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Pramuka Saka Dirgantara.

"Kami berharap kepada penumpang yang akan merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya, sampai dengan arus balik dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu, seluruh anggota posko agar dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan saling bersinergi,” tambah Hardi.

Selain Posko Terpadu Angkatan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, juga dilaksanakan Posko Kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berada di area terminal bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com