4 Fakta 1.982 Penerima PKH di Jombang Mundur, dari Stiker hingga Malu Dicap Miskin

Kompas.com - 20/12/2019, 08:14 WIB
Pemasangan stiker keluarga pra sejahtera atau penerima bantuan sosial di salah satu rumah KPM PKH di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Labelisasi rumah penerima bantuan PKH dilakukan Pemkab Jombang pada 10 hingga 30 November 2019. KOMPAS.COM/DOK. PENDAMPING PKH KAB. JOMBANGPemasangan stiker keluarga pra sejahtera atau penerima bantuan sosial di salah satu rumah KPM PKH di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Labelisasi rumah penerima bantuan PKH dilakukan Pemkab Jombang pada 10 hingga 30 November 2019.
Editor Setyo Puji

KOMPAS.com - Ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur memilih untuk mengundurkan diri dalam kepesertaan Program Keluarga Harapan (PKH).

Hal itu disebabkan, karena adanya program labelisasi yang dipasang pemerintah di setiap rumah warga penerima bantuan.

Kepala Dinas Sosial Pemkab Jombang Mochammad Sholeh mengatakan, warga yang mundur dari kepesertaan PKH tersebut sedang dalam proses pendataan untuk dilaporkan ke kementerian Sosial.

Mereka memilih mundur, karena merasa malu dengan adanya program labelisasi tersebut.

Berikut fakta selengkapnya :

1. Ribuan penerima PKH mundur

Dari data Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Jombang, jumlah yang mengundurkan diri dari PKH ada sebanyak 1.982 KPM.

Pengunduran diri dari peserta penerima PKH itu, diduga karena banyak warga malu dengan adanya program labelisasi yang dipasang pemerintah di rumah mereka.

"Laporan yang mundur cukup banyak, sejak pertengahan bulan November ada 1.982 yang mundur," ujar Kepala Dinas Sosial Pemkab Jombang, Mochammad Sholeh kepada Kompas.com, Rabu (18/12/2019).

Baca juga: Malu Disebut Miskin, 1.982 Keluarga Penerima Bantuan PKH di Jombang Mundur

2. Labelisasi di rumah penerima bantuan

Sholeh mengatakan, banyaknya warga yang mengundurkan diri dari peserta penerima bantuan PKH karena dianggap banyak yang malu dengan adanya labelisasi.

Pasalnya, sejak pertengahan November lalu Pemkab Jombang bekerjasama dengan pemerintah desa melakukan pemasangan label kepada setiap rumah warga yang mendapatkan bantuan PKH.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X