Tim SAR Evakuasi Belasan Anak Ular Kobra, Sembunyi di Lemari hingga Kamar Mandi

Kompas.com - 18/12/2019, 13:38 WIB
Tim SAR LPJ di Kabupaten Ngawi berhasil mengamankan 8 ekor anak ular kobra yang diduga sedang berburu tkus atau cicak di salah sau rumah warga di Desa Mantingan.im SAR LPJ di Kabupaten Ngawi berhasil mengamankan 8 ekor anak ular kobra yang diduga sedang berburu tkus atau  cicak di salah sau rumah warga di Desa Mantingan. Dok. SUYONOTim SAR LPJ di Kabupaten Ngawi berhasil mengamankan 8 ekor anak ular kobra yang diduga sedang berburu tkus atau cicak di salah sau rumah warga di Desa Mantingan.im SAR LPJ di Kabupaten Ngawi berhasil mengamankan 8 ekor anak ular kobra yang diduga sedang berburu tkus atau cicak di salah sau rumah warga di Desa Mantingan.

 

NGAWI, KOMPAS.com –  Tim SAR LPJ di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur dibantu oleh komunitas reptil dari Solo Exalos berhasil mengevakuasi belasan anak ular kobra yang bersembunyi di rumah Yadi, warga Desa Mantingan, Kabupaten Ngawi.

Ketua Tim SAR LPJ Suyono mengatakan, pihaknya menerima laporan keberadaan ular kobra di rumah warga, Selasa (17/12/2019) siang.

“Pemilik rumah melapor ke tim SAR karena sudah membunuh 3 ekor anak ular. Khawatirnya masih ada di rumah,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (18/12/2019).

Baca juga: Dalam 2 Bulan, Diitemukan Belasan Anak Ular Kobra di SMP Tunas Bangsa Depok

Suyono menambahkan, setelah melakukan upaya pencarian, sebanyak 8 ekor anak ular kobra yang diperkirakan sudah  beberapa hari menetas ditemukan hampir di seluruh ruangan.

Anak ular kobra tersebut diduga mencari tempat berlindung dan berburu makanan.

“Kemungkinan sedang berburu hewan seperti tikus atau cecak.  8 ekor anak ular kobra kita temukan di kamar, di lemari, bahkan di kamar mandi,” tambahnya.

Baca juga: Viral Ular Kobra, Akademisi ITB Bicara soal Ciri dan Cara Antisipasi

Evakuasi 8 ekor anak ular kobra di rumah Yadi merupakan kasus pertama kali adanya ular kobra di pemukiman warga. Rumah Yadi yang dekat dengan persawahan diduga dijadikan tempat bersarang  ular kobra.

Meski 8 ekor anak kobra dievakuasi, tim SAR belum berhasil  menemukan induk ular kobra.

“Biasanya ular kobra bertelur antara 10 sampai 20 butir. Kami imbau kepada warga untuk segera melapor jika menemukan ular kobra karena musim penghujan seperti ini merupakan musim telur menetas,” ucap Suyono.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X