Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertutup Longsor, Jalur Banjarnegara-Wonosobo Kini Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Kompas.com - 18/12/2019, 08:40 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Ruas jalan nasional penghubung Kabupaten Banjarnegara-Wonosobo, Jawa Tengah, yang sempat tertutup akibat longsor kini sudah dapat dilalui kendaraan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara Arief Rahman mengatakan, jalur tersebut sudah dapat dilalui kendaraan sejak Selasa (17/12/2019) malam.

"Jalur mulai dibuka semalam pukul 22.50 WIB. Pagi ini sudah lancar, dua jalur sudah terbuka, tinggal menormalkan saluran yang ada di atas," kata Arief saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (18/12/2019).

Baca juga: Jalur Banjarnegara-Wonosobo Tertutup Longsor, Kendaraan Besar Dialihkan ke Jalur Selatan

Menurut Arief, pembersihan material longsor melibatkan ratusan orang dari berbagai elemen, termasuk dari Kabupaten Wonosobo. Sebanyak empat alat berat dan 10 dump truk dikerahkan ke lokasi.

Arief mengimbau pengguna jalan agar selalu waspada.

Pasalnya, masih berpotensi terjadi longsor susulan di tebing yang berada di Desa Prigi (sebelumnya tertulis Desa Teki Dadi), Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

"Potensi longsor susulan sangat mungkin, tanah yang dari atas masih berpotensi karena masih menumpuk dan di atas ada air," ujar Arief.

Baca juga: Hujan Deras Picu Longsor di Banjarnegara, Akses Jalan Tertutup

Arief mengatakan, rencananya Rabu (18//12/2019) ini tim dari Bina Marga akan melakukan penanganan lanjutan di titik longsor tersebut.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras menyebabkan sebuah tebing longsor, Selasa sore. Akibatnya, ruas jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo tertutup total.

Seluruh kendaraan besar dari arah Banjarnegara dan Wonosobo dialihkan melalui jalur selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com