Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NUSANTARA] Paman Gibran Diduga Langgar Kode Etik | Kebakaran Toko Mebel Tewaskan 3 Orang

Kompas.com - 17/12/2019, 06:52 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Kebakaran toko mebel di Jalan Barata Raya Nomor 1, Perumnas Telukjambe, Telukjambe, Karawang, menewaskan tiga orang pada hari Minggu (15/12/2019).

Menurut keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Asep Wahyu, ketiga korban sempat melambaikan minta pertolongan.

Namun, api yang cepat membesar menghalangi petugas pemadam untuk melakukan evakuasi.

Sementara itu, Bawaslu Kota Surakarta mengaku tidak bisa menindak kakak kandung Ibu Negara Iriana Jokowi, Haryanto, yang diketahui bekerja sebagai ASN di Kota Solo. 

Dirinya turut hadir melepas pemberangkatan Gibran Rakabuming Raka ke Semarang di sela jam kerja.

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

1. Paman Gibran diduga melanggar kode etik PNS

Ketua Bawaslu Kota Surakarta, Budi Wahyono.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Ketua Bawaslu Kota Surakarta, Budi Wahyono.

Ketua Bawaslu Surakarta, Budi Wahyono, menjelaskan, pihaknya tidak bisa menindak Haryanto, paman Gibran Rakabuming Raka.

Seperti diketahui, kakak kandung Ibu Negara Iriana tersebut turut mengantar Gibran mendaftar untuk menjadi bakal calon Wali Kota Surakarta di tengah jam kerja sebagai ASN ke Semarang.

"Kami belum memiliki ranah untuk mengambil tindakan. Karena tahapan Pilkada Solo 2020 belum dimulai," katanya kepada Kompas.com, di kantornya, Senin (16/12/2019).

Sementara itu, berdasarkan peraturan KPU pendaftaran pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota pada Pilkada Solo 2020 baru akan dimulai 16-18 Juni 2019, mendatang.

Namun demikian, apa yang dilakukan oleh Haryanto dengan melepas pemberangkatan Gibran tersebut diduga melanggar UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN, PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan PP No 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Korps dan Kode Etik PNS.

Baca berita selengkapnya: Bawaslu Surakarta Tak Bisa Tindak Kakak Kandung Iriana Jokowi yang Ikut Lepas Pemberangkatan Gibran

2. Kebakaran toko mebel tewaskan 3 orang di Karawang

Petugas Polres Karawang bersama Puslabfor Mabes Polri melakukan olah TKP kebakaran toko mebel di Jalan Barata Raya, Perumnas Telukjambe, Karawang, Senin (16/12/2019).KOMPAS.COM/FARIDA Petugas Polres Karawang bersama Puslabfor Mabes Polri melakukan olah TKP kebakaran toko mebel di Jalan Barata Raya, Perumnas Telukjambe, Karawang, Senin (16/12/2019).

Asep menjelaskan, ketiga korban meninggal diketahui sempat meminta tolong dan melambaikan tangan.

Namun, api yang menyala hebat menyulitkan petugas untuk melakukan evakuasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com