Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bek Persib Bandung Fabiano Da Rosa Beltrame: Saya Bangga Menjadi WNI

Kompas.com - 17/12/2019, 05:35 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Bek Persib Bandung, Fabiano Da Rosa Beltrame, nampak sangat bahagia saat diambil sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Senin (16/12/2019) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur. Dia menebar senyuman sepanjang prosesi tersebut.

"Hari ini sangat luar biasa, menjadi WNI adalah kebanggaan buat saya, saya bangga menjadi WNI," kata pemain bola asal Brazil ini usai prosesi pengambilan sumpah.

Mengenakan jas dan bersongkok hitam, mantan pemain Madura United ini mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Indonesia yang telah menuntaskan prosesnya sebagai WNI setelah 10 tahun lebih berjuang.

"Saya berjanji akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan selalu membawa nama baik Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Bek Persib Bandung Fabiano Da Rosa Beltrame Resmi Jadi WNI

Fabiano sempat mengungkapkan kesannya tinggal di Indonesia. Menurutnya, orang Indonesia ramah dan dia mengaku selalu disambut hangat.

"Saya suka sekali di sini, orang-orangnya ramah sekali dan dari awal saya datang sampai sekerang, saya diterima dengan baik sekali," ungkapnya.

Pengangkatan Fabiano, kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Susy Susilawati, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia.

"Saudara sekarang telah resmi menjadi WNI karenanya tunduklah pada aturan-aturan yang berlaku di negara ini dan selamat berjuang membela tanah air Indonesia untuk kemakmuran dan kesejahteraan Negara Republik Indonesia," kata Susy saat melantik Fabiano.

Baca juga: Naturalisasi Hampir Rampung, Fabiano Prioritaskan Bertahan di Persib

Fabiano sendiri sudah direkrut Persib sejak awal musim 2019. Sayangnya, dia belum bisa memperkuat klub berjulukan Maung Bandung itu lantaran proses naturalisasinya yang belum rampung.

Mantan pemain Persija Jakarta itu sempat akan dipinjamkan ke klub satelit Persib yang bermain di Liga 2, Blitar Bandung United.

Sayangnya, proses peminjaman tersebut juga urung terlaksana lantaran proses naturalisasi Fabiano yang belum selesai sampai akan bergulirnya Liga 2 2019.

Setahun terakhir, setidaknya ada 2 pemain sepakbola asal Brazil yang diambil sumpah di kantor Kanwil Kemenkumham Jawa Timur di Surabaya.

Pada 27 September lalu, Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra juga diambil sumpahnya untuk menjadi WNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com