Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Mati Waduk Jatigede Masih Jadi Objek Wisata Favorit Warga

Kompas.com - 15/12/2019, 17:36 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Meski sudah intens turun dalam beberapa minggu terakhir, namun kota mati Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat masih jadi objek wisata favorit.

Selain banyak wisatawan yang datang, di sekitar areal tergenang Waduk Jatigede juga masih banyak warga yang berjualan di saung dadakan berbahan bambu.

Salah seorang pedagang di eks wilayah Dusun Cibogo, Desa Cibogo Aminah (42) mengatakan, meski telah memasuki musim penghujan.

Namun, kata Aminah, masih banyak warga yang datang ke lokasi.

Baca juga: Warga Terdampak Waduk Jatigede Sumedang Ancam Blokade Jalan Nasional dan Bawa Lebih Banyak Massa

Ramai saat weekend

Selain muda-mudi yang sekadar foto selfie di bangunan bekas pemukiman warga yang kembali bermunculan, banyak pula warga yang datang untuk memancing.

"Iya ramainya mah Sabtu, Minggu sama hari libur. Kalau hari biasa paling hanya yang mancing saja," ujar Aminah kepada Kompas.com di warung miliknya, Minggu (15/12/2019) siang.

Aminah menuturkan, berjualan di lokasi tergenang, jauh dari pesisir dengan elevasi normal adalah untuk memanfaatkan peluang banyaknya pendatang.

Meski sudah memasuki musim penghujan, namun ia mengaku belum berhenti berjualan karena air Waduk Jatigede masih belum naik.

"Iya kalau airnya sudah naik pasti kelihatan, kalau sekarang airnya masih jauh, masih banyak juga warga yang datang. Nanti kalau sudah kelihatan dari dekat, baru pindah lagi ke pesisir paling ujung (Elevasi maksimal air Waduk Jatigede)," tutur Aminah.

Baca juga: Saat Surut, Waduk Jatigede Sumedang Tampak Seperti Kota Mati

Objek foto

Sementara itu, Nabila Putri (17) mengatakan sengaja datang dari Kabupaten Subang dengan tiga teman lainnya.

Ia mengaku datang jauh-jauh hanya untuk mengobati rasa penasarannya melihat jalan dan puing-puing bangunan milik eks warga Jatigede dan sekitarnya yang terendam dan bermunculan kembali.

"Hanya liat-liat, foto-foto aja. Sengaja datang sambil liburan. Lumayan dapat banyak foto bagus," kata Nabila. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com