Dalam 2 Bulan, Atap 2 Gedung Sekolah di Jatim Ambruk, Ini Kata Emil Dardak

Kompas.com - 14/12/2019, 23:10 WIB
Emil Dardak saat berkunjung ke Universitas Jember menjadi pemateri dalam kegiatan UNEJ Expo IT 2020 Bagus SupriadiEmil Dardak saat berkunjung ke Universitas Jember menjadi pemateri dalam kegiatan UNEJ Expo IT 2020

JEMBER, KOMPAS.com – Dalam dua bulan terakhir, atap dua sekolah di Jawa Timur ambruk.

Kejadian pertama terjadi di SDN Gentong Pasuruan pada November lalu. Dan yang terbaru, atap kelas SDN Kenting 02 di Jember, Sabtu (14/12/2019).

Terkait kejadian itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, seharusnya semua sekolah melakukan gerakan foto ruangan yang sudah ada pada menu Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 

Namun pada praktinya, tidak semua mengisi. 

“Harusnya di situ terisi sehingga level of prioritynya jelas. Karena keamanan siswa nomor satu,” ujar Emil, saat berkunjung ke Universitas Jember, Sabtu.

Baca juga: Atap Kelas SDN Ambruk, Anggota DPRD Jember Sebut karena Lelang “Gila-gilaan”

Dari sekian banyak data, kata Emil, memang susah untuk menyortir. Namun, itu bisa segera dilakukan, karena Menteri Pendidikan dan Kebudaayaan Nadiem Makarim orang yang ahli teknologi.

Melalui data itu, bisa dilihat mana ruang kelas yang butuh direhabilitasi, atau tidak.

“Untuk melakukan anaslisis foto yang cukup banyak, bisa dilihat mana ruang kelas yang urgen mendapatkan penanganan,” paparnya.

Selama ini, kata dia, sumber pembiayaan sekolah masih bergantung pada Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dana itu hanya dapat digunakan untuk operasional saja.

Sementara untuk rehabilitasi, perlu menggunakan anggaran khusus dan mengandalkan anggaran dari Kemendikbud.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X