Pemkot Bandung Sanggupi Permintaan Kontrakan dari Warga yang Tergusur di Tamansari

Kompas.com - 13/12/2019, 16:20 WIB
petugas tengah melintas dibangunan rumah yang telah dikosongkan sebelum pembongkaran terjadi. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung melakukan penertiban sejumlah rumah di RW 11, Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung, Kamis (12/12/2019). Hal tersebut menyusul rencana Pemerintah Kota Bandung yang akan membuat rumah deret di lokasi tersebut. KOMPAS.com/AGIE PERMADIpetugas tengah melintas dibangunan rumah yang telah dikosongkan sebelum pembongkaran terjadi. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung melakukan penertiban sejumlah rumah di RW 11, Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung, Kamis (12/12/2019). Hal tersebut menyusul rencana Pemerintah Kota Bandung yang akan membuat rumah deret di lokasi tersebut.

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyanggupi permintaan warga yang terkena penertiban sejumlah rumah di RW 11, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, yakni memfasilitasi warga sebuah kontrakan.

Hal tersebut berdasarkan hasil dari pertemuan Wali Kota Bandung Oded M Danial dengan warga Tamansari pada Kamis (12/12/2019) kemarin.

Oded mengaku, pascapenertiban, pihaknya mendatangi lokasi untuk bertemu langsung mendengarkan keinginan warga.

"Saya sudah ketemu satu per satu tadi malam, saya tanya mereka (warga) apa kehendaknya? ternyata mereka minta di kontrakan seperti lainnya, punya hak sama," kata Oded di Mapolrestabes Bandung, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Polisi Amankan 25 Orang dalam Kericuhan Saat Penertiban di Tamansari

Mendengar itu, Oded menyanggupi keinginan warga. Rencananya, warga yang terkena penggusuran akan diberikan kontrakan Jumat ini juga.

"Mereka bertanya minta kontrakan, saya sanggupi, hari ini kita berikan, Alhamdulilah mereka menerima," kata Oded.

Namun, kata Oded, warga keberatan apabila ditempatkan di Rusunawa Rancacili.

"Mereka keberatan (ditempakan di Rancacili), saya memahami karena keseharian mereka, jauh lokasinya. Karena itu Insya Allah hari ini diselesaikan," ucap Oded.

Oded mengatakan, dari 158 orang warga RW 11 Tamansari tersebut, hampir 90 persen menyepakati program pembangunan rumah layak huni dan penataan kawasan kumuh yang digadang Pemkot Bandung ini.

Bahkan, mereka yang sepakat ini sudah difasilitasi sebuah kontrakan selama dua tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X