Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata FX Hadi Rudyatmo soal Gibran Mencalonkan Diri Melalui DPD PDI-P Jateng

Kompas.com - 12/12/2019, 22:31 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ketua DPC PDI-P Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo enggan mengomentari soal pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wali kota Solo melalui DPD PDI-P Jateng di Semarang, Kamis (12/12/2019).

Pria yang akrab disapa Rudy itu justru mengatakan, tugas dirinya sudah selesai, yakni menugaskan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Solo 2020.

Berkas penugasan mereka berdua juga sudah dikirim untuk mendapatkan rekomendasi dari DPD dan DPP PDI-P.

Penugasan Purnomo dan Teguh sesuai Peraturan Partai (PP) Nomor 24 Tahun 2017, dimana DPC yang memperoleh lebih dari 25 persen suara, proses penjaringan calon wali kota dan wakil wali kota dilakukan secara tertutup.

PDI-P Surakarta memperoleh 62 persen suara.

"Tugas saya sudah selesai," kata Rudy kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Baca juga: Gibran Dapat Pesan Khusus dari Jokowi Sebelum Maju Pilkada Solo

Rudy mengatakan, sedang menunggu rekomendasi dari DPP PDI-P keluar. Namun, kapan rekomendasi itu keluar, Rudy mengaku belum tahu.

"Kita menunggu rekomendasinya dari DPP. Saya tidak tahu kapan itu keluar," ujar Rudy yang juga menjawab Wali Kota Surakarta.

Diberitakan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, akhirnya resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, yakni di Panti Marhaen Semarang, pada Kamis (12/12/2019) siang.

Pantauan Kompas.com, Gibran datang dengan mengenakan setelan kemeja warna merah dipadukan dengan celana hitam.

Gibran didampingi Habib Hasan dan diarak oleh ribuan relawan dari berbagai daerah di Jateng menuju Panti Marhaen.

Setibanya di ruang pendaftaran, Gibran disambut oleh Ketua Panitia Pendaftaran Balon Wali Kota/Bupati Abang Baginda Hasibuan dan beberapa kader PDI Perjuangan.

Baca juga: 5 Hal Menarik Seputar Pendaftaran Gibran Sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo

Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan mengatakan, Gibran telah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Solo pada hari terakhir pendaftaran, atau hari Kamis.

Gibran di hadapan para relawan pendukungnya berjanji akan menyejahterakan warga Solo jika nantinya terpilih menjadi wali kota Solo pada Pilkada Solo 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com