Pemkot Surabaya Cairkan Anggaran Pilkada Tahap Pertama Sebesar Rp 1 Miliar

Kompas.com - 12/12/2019, 20:44 WIB
Ilustrasi pemilu SERAMBI/M ANSHARIlustrasi pemilu

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya mencairkan anggaran Pilkada Surabaya 2020 tahap pertama pada tahun 2019 sebesar Rp 1 miliar.

Anggaran ini diberikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya.

"(anggaran pilkada) kemarin sudah untuk anggaran tahun 2019, sekitar Rp 1 miliar lebih. Pemkot sudah transfer ke rekening KPU termasuk anggaran untuk Bawaslu sekitar Rp 700 juta," kata Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya Eddy Christijanto, saat ditemui di kantornya, Kamis (12/12/2019).

Baca juga: Pilkada Surabaya 2020, Gerindra Siapkan Seorang Jenderal

Eddy mengungkapkan, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada KPU maupun Bawaslu agar menggunakan anggaran tersebut sesuai ketentuan.

"Jadi kalau sampai dengan 31 Desember 2019 masih ada sisa anggaran yang belum digunakan, wajib dikembalikan ke kas daerah," terang Eddy.

Sisa anggaran untuk tahun 2020 akan dicairkan dalam tiga tahap tahun depan.

Jangka waktu atau termin tahap pertama akan dicairkan 40 persen, termin kedua 40 persen, dan termin ketiga 20 persen.

"Yang terakhir ini mungin dicarikan menjelang pelaksanaan Pilkada 2020 nanti," ujar Eddy.

Dengan dicairkannya anggaran Pilkada 2020, ia berharap KPU maupun Bawaslu bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai ketentuan.

"Intinya Pemkot mendukung penuh pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020. Anggaran dan pencairan sudah enggak ada masalah, tinggal KPU dan Bawaslu melaksanakan penyelenggaran pemilu dengan adil dan menggunakan anggaran sesuai yang direncanakan," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X