Kronologi 10 Gerbong Semen Terguling di Blora, Angkut 1.1360 Ton Semen hingga Tak Ada Korban Jiwa

Kompas.com - 12/12/2019, 16:37 WIB
Kereta Api Barang angkutan semen anjlog di Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa tengah, Kamis (12/12/2019) siang sekitar pukul 11.18 WIB. Dokumen Warga DoplangKereta Api Barang angkutan semen anjlog di Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa tengah, Kamis (12/12/2019) siang sekitar pukul 11.18 WIB.

KOMPAS.com - Sebanyak 10 gerbong yang mengangkut semen 1.1360 ton terguling dan satu gerbong anjlok di bagian as roda depan di Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Menurut Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang Krisbiyantoro, kereta terguling hingga keluar dari jalur rel di KM 52+926, tepatnya di jalur II Stasiun Doplang pada pukul 11.18 WIB. 

"Jadi 10 gerbong datar terguling dan satu gerbong mengalami anjlok dua AS roda (bogie depan)," kata Krisbiyantoro saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel.


Krisbiyantoro menjelaskan, KA yang melaju dari Stasiun Kampung Bandan, Jakarta menuju Stasiun Kalimas, Surabaya. Dirinya juga memastikan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Info diketahui terjadinya musibah ini berawal dari masinis kereta api barang tersebut dengan no CC 206132. Rangkaian kereta api semen yang mengalami musibah, pada urutan gerbong ke-10 sampai dengan urutan terakhir. Tak ada korban jiwa," kata Krisbiyantoro saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel.

Baca juga: Kereta Api Pengangkut Semen Anjlok di Blora, 10 Gerbong Terguling

Sementara itu, untuk mempercepat evakuasi gerbong, PT KAI segera mengerahkan crane dari Cirebon dan Solo.

"Juga ada bantuan crane khusus untuk dari Cirebon dan dari Solo yang sudah menuju ke lokasi juga. Crane dari Solo berangkat pukul 12.34 WIB dan dari Cirebon pukul 12.38 WIB. Penyebab kejadian sementara masih dalam pengusutan petugas," pungkasnya.

Krisbiyanto juga menjelaskan, insiden tersebut tidak mengganggu operasional kereta lainnya.Emplasemen Stasiun Doplang tetap masih dapat digunakan untuk operasional KA baik dari barat maupun dari timur.

Pola operasi yang digunakan adalah pengoperasian jalur tunggal yang masih berfungsi yaitu jalur hilir.

Kerusakan akibat kereta anjlok

Kereta Api Barang angkutan semen anjlog di Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa tengah, Kamis (12/12/2019) siang sekitar pukul 11.18 WIB.Dokumen Warga Doplang Kereta Api Barang angkutan semen anjlog di Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa tengah, Kamis (12/12/2019) siang sekitar pukul 11.18 WIB.

Seperti diketahui, akibat tergelincirnya KA barang tersebut, terjadi kerusakan pada sejumlah konstruksi rel KA.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X