Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Angin Landa Sukabumi, 31 Rumah Rusak

Kompas.com - 12/12/2019, 09:00 WIB
Budiyanto ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Hujan angin disertai petir dan gemuruh melanda sejumlah tempat di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019).

Akibat kejadian itu sedikitnya 31 unit rumah rusak dan pepohonan bertumbangan di sejumlah lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi antara siang hingga petang.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, daerah terdampak angin kencang terjadi di Kecamatan Cicurug dan Cibadak.

Di Cicurug sebanyak 29 unit rumah rusak di Kampung Ciutara, Desa Mekarsari dan Kampung Bojong Perang, Desa Nyangkowek.

Baca juga: Gedung Serbaguna di Boyolali Roboh akibat Angin Kencang, 1 Tewas

Sedangkan di Cibadak, sebanyak 2 unit rumah rusak di Kampung Babakan, Desa Pamuruyan dan Kampung Segongkaler, Desa Batununggal.

"Kerusakan rumah mayoritas pada bagian atap atau genting karena tertiup angin kencang. Di antaranya ada yang tertimpa pohon tumbang," kata Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (12/12/2019).

Menurut dia, setelah hujan mulai reda, masyarakat bersama sejumlah petugas dari berbagai unsur secara gotong royong membersihkan dan memperbaiki rumah-rumah yang terdampak di masing-masing lokasi.

"Hingga pagi ini, di beberapa lokasi masih ada yang kerja bakti membersihkan dan memperbaiki rumah rusak. Terutama yang tertimpa pohon tumbang," ujar dia.

Baca juga: Puluhan Rumah di Sukabumi Rusak Diterjang Angin Kencang

Dia menambahkan, Tim BPBD menyeber ke beberapa lokasi bersama Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) masing-masing kecamatan.

Diberitakan sebelumnya, puluhan rumah di wilayah Kecamatan Cibadak dan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, rusak diterjang angin kencang, Rabu (11/12/2019) sore.

Selain merusak rumah warga, sejumlah pohon juga ikut tumbang. Bahkan, ada yang menimpa rumah warga dan menutup jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com