Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kecewa, Sudah 17 Hari Jembatan Ambruk Belum Diganti

Kompas.com - 11/12/2019, 15:04 WIB
Perdana Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sudah 17 hari jembatan Sungai Pangkua, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, ambruk diterjang banjir, Minggu (24/11/2019).

Namun hingga sekarang, belum ada juga jembatan darurat dipasang di lokasi itu. Akibatnya, warga, terutama pengendara mobil, terpaksa jalan memutar 10 kilometer.

"Belum juga ada jembatan darurat. Saya terpaksa jalan memutar 10 kilometer untuk sampai ke Pakan Rabaa," kata Chandra (33), salah seorang warga yang dihubungi Kompas.com, Rabu (11/12/2019).

Baca juga: Hanyut 4 Hari, Korban Banjir Solok Selatan Ditemukan Tewas di Jambi

Chandra mengaku kecewa karena pemerintah dinilai lamban memperbaiki jembatan yang  merupakan salah satu akses utama warga di daerah itu.

Jembatan itu merupakan akses warga menuju SMAN 5 Solsel, MTsN Pakan Rabaa, 2 Sekolah Dasar Negeri, serta 1 Kantor Urusan Agama.

"Bagi warga yang jalan kaki maupun roda dua ada yang nekat melewati jembatan yang sudah ambruk. Ini sangat berbahaya," kata Chandra.

Sementara itu, Kepala BPBD Solok Selatan Richi Amran yang dihubungi terpisah mengakui hingga saat ini jembatan masih rusak dan jembatan darurat belum datang.

"Saat ini masih dalam proses pembuatan pondasi jembatan darurat. Setelah pondasi siap, segera dipasang jembatan darurat," kata Richi.

Richi mengatakan, jembatan darurat sudah dipersiapkan oleh Balai Jembatan Wilayah III di Padang dan Dinas PUPR Sumbar.

"Jembatannya sudah ada. Tinggal menunggu pondasinya siap dulu. Dalam beberapa hari ini sudah siap," kata Richi.

Baca juga: 4 Fakta Banjir Bandang di Lebak, 2 Kecamatan Terdampak hingga 3 Jembatan Putus

Sebelumnya diberitakan, jembatan Sungai Pangkua, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, ambruk diterjang banjir, Minggu (24/11/2019) malam.

Jembatan yang menghubungkan jorong Sungai Pangkua ke Pakan Rabaa itu sangat krusial karena menuju SMAN 5 Solsel, MTsN Pakan Rabaa, 2 Sekolah Dasar Negeri, serta 1 Kantor Urusan Agama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com