17.000 Pelanggan PDAM Lamongan Terdampak Sungai Bengawan Solo yang Tercemar

Kompas.com - 10/12/2019, 21:40 WIB
Penampakan air dari aliran Bengawan Solo yang ada di sekitar bendungan grak Babat, Lamongan. KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHPenampakan air dari aliran Bengawan Solo yang ada di sekitar bendungan grak Babat, Lamongan.

LAMONGAN, KOMPAS.com - Sebanyak 17.000 pelanggan PDAM Lamongan terdampak tercemarnya Sungai Bengawan Solo.

Diketahui Bengawan Solo merupakan salah satu pemasok air baku PDAM Lamongan. 

Aliran sungai mengalir dari Bojonegoro hingga Bendungan Grak Babat yang berada di Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur.

Beberapa pelanggan mengeluhkan pasokan air yang mereka dapatkan dari PDAM Lamongan berwarna cokelat kehitaman.

Hal itu membuat sebagian dari mereka memilih menggunakan air dari sumur ketimbang pasokan dari PDAM.

"Sudah konfirmasi dengan PJT (Perum Jasa Tirta) V Bojonegoro yang membawahi Bengawan Solo, bahwasannya warna cokelat kehitaman itu ada indikasi pencemaran yang ada di Jawa Tengah," ujar Direktur PDAM Lamongan Ali Mahfudi, saat dihubungi, Selasa (10/12/2019).

Trisno saat menunjukkan air di aliran Bengawan Solo, yang berubah coklat kehitaman.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Trisno saat menunjukkan air di aliran Bengawan Solo, yang berubah coklat kehitaman.
Ali menjelaskan, selama ini pihaknya memang banyak bergantung dari Bengawan Solo.

Meski ada juga beberapa sumber air lain untuk mencukupi pasokan, seperti dari Waduk Gondang dan juga sumur yang ada di Blimbing.

"Pelanggan PDAM di Lamongan secara keseluruhan sebanyak 22.500, tapi kalau yang menggunakan pasokan dari Babat itu sekitar 17.000. Sebab yang mata air dari Gondang sekitar 1.500 (pelanggan), sedang dari sumur bor di Blimbing mencukupi antara 2.000 sampai 3.000 pelanggan saja," ujar dia.

Ia mewakili jajaran PDAM Lamongan meminta maaf kepada para pelanggan yang tidak nyaman dengan kondisi itu.

Kondisi pencemaran sungai Bengawan Solo yang berwarna merah hitam pekat, di wilayah Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (27/11/2019)Dokumen PDAM Tirta Amerta Blora Kondisi pencemaran sungai Bengawan Solo yang berwarna merah hitam pekat, di wilayah Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (27/11/2019)

Ali berjanji melakukan berbagai upaya agar pasokan air dari PDAM Lamongan dapat kembali normal.

"Masyarakat mulai komplain kemarin pagi, karena dampaknya mulai itu. Kami menyadari hal ini, dan berjanji akan segera melakukan tindak lanjut," kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X