Gubernur NTT Terkejut Temukan Siswa Kelas V SD Dekat Rumahnya Tak Bisa Baca

Kompas.com - 10/12/2019, 17:29 WIB
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat memberikan sambutan dalam Festival Menipo, yang digelar di halaman Lippo Plaza Kota Kupang, Kamis (14/11/2019) siang KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BEREGubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat memberikan sambutan dalam Festival Menipo, yang digelar di halaman Lippo Plaza Kota Kupang, Kamis (14/11/2019) siang

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, menyentil soal pendidikan di wilayahnya.

Viktor mengaku, belum lama ini dirinya menemukan seorang siswa kelas V di Kota Kupang, tidak bisa membaca.

Hal itu disampaikan Viktor, saat membuka kegiatan lokakarya konsultasi publik grand desain pendidikan dan kebudayaan NTT tahun 2020-2030, yang digelar di Kantor Gubernur NTT, Selasa (10/12/2019).

Yang mengejutkan, kata Viktor, siswa tersebut tinggal bertetangga dengan dirinya di seputaran Wali Kota Kupang.

"Tinggalnya di samping rumah pribadi gubernur NTT. Jaraknya sekitar 100 meter. Ada seorang anak SD kelas V yang belum tahu membaca,"ungkap Viktor.

Baca juga: Gubernur Viktor Laiskodat Ancam Potong Tangan Pelaku Perambah Hutan

"Ini di Kota Kupang dan tinggal di samping rumah gubernur. Mati sudah kalau orang datang dan tahu, kalau anak ini tinggal dekat rumah gubernur. Ini gubernur macam apa,"sambung Viktor.

Viktor pun sempat memanggil siswa tersebut dan menanyakan langsung. Siswa itu pun secara jujur mengakui kalau tidak bisa membaca tulisan.

Viktor memastikan, penyebab siswa tersebut tidak bisa membaca, karena tertekan saat berada di sekolah.

"Ini pasti dia sangat tertekan saat masuk kelas. Begitu dari rumah menuju sekolah, dia tentu merasa tertekan sehingga kita jangan dulu bahas yang lain, tapi dahulukan pendidikan,"ujar Viktor.

Kondisi ini, lanjut Viktor, tentu menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak, agar pada saat anak-anak ke sekolah tidak boleh dalam kondisi stres.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X