BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir, serta Gelombang Tinggi di Kepri

Kompas.com - 10/12/2019, 12:45 WIB
Ilustrasi hujan KulkannIlustrasi hujan

BATAM, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Kantor Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau ( Kepri), kembali mengingatkan warga Kepulauan Riau (Kepri) untuk selalu waspada.

Sebab, BMKG memperkirakan wilayah Kepri akan diguyur hujan seharian hingga tiga hari ke depan.

Dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap, sebagian wilayah Kepri akan diguyur hujan lebat yang disertai angin kencan dan petir, bahkan hujan tersebut terjadi seharian, sama seperti yang terjadi pada Senin (9/12/2019).

Untuk itu, BMKG mengimbau agar warga Kepri selalu waspada dan berhati-hati saat menjalankan aktivitas.

Baca juga: Gelombang Tinggi Masih Terjadi di Pulau Buru Maluku, Warga Diminta Waspada

Forecaster BMKG Hang Nadim, Aprilia menyebutkan, tidak saja sebagian wilayah Kepri, bisa saja hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi merata di seluruh wilayah Kepri.

"Berdasarkan perkiraan hari ini, hujan dengan intensitas lebat, sedang dan ringan terjadi di seluruh wilayah Kepri, dan tidak menutup kemungkinan disertai angin dan petir, khususnya untuk di wilayah pesisir," kata Aprilia melalui rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (10/12/2019).

Tidak hanya itu, gelombang tinggi juga terjadi di sebagian wilayah perairan Kepri, yakni di perairan Kabupaten Bintan, Lingga, Natuna, dan Kabupaten Anambas.

Untuk Kabupaten Lingga, tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1,5 meter, kemudian Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang mencapai 2 meteran.

Sementara di Kabupaten Anambas dan Natuna, tinggi gelombang mencapai 3,5 meteran.

"Untuk Batam dan Karimun hanya mencapai 1,2 meteran," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X