Catat, Ada 420 Event Wisata Jatim 2020, dari Jazz Gunung Bromo hingga Karapan Sapi

Kompas.com - 09/12/2019, 16:59 WIB
ilustrasi liburan Shutterstockilustrasi liburan

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur merilis 420 event wisata di 38 kabupaten dan kota di Jatim pada 2020.

Dari 420 event tersebut, 102 event berupa festival dan 318 non festival, seperti karnaval, upacara tradisi keagamaan, lomba, dan pergelaran kesenian.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarto, mengatakan, agenda wisata tersebut akan didistribusikan ke pusat-pusat informasi pariwisata, dan industri pariwisata, seperti biro perjalanan wisata sebelum 2020.

"Kami juga meminta daerah untuk mengemas secara bagus setiap event wisata agar menjadi daya tarik sehingga menjadi sumber penghasilan daerah," kata Sinarto, saat dihubungi, Senin (9/12/2019).

Baca juga: Wishnutama: MotoGP di Mandalika Akan Jadi Event MotoGP Terbaik yang Pernah Ada

Dari 420 event wisata, 7 event di antaranya masuk dalam 100 event Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia 2020.

Tujuh event wisata itu lolos dari proses seleksi Tim kurator Kementerian Pariwisata, yakni Banyuwangi Ethno Carnival, Jazz Gunung Bromo, Jember Fashion Carnaval, Malang Flower Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen, Grand Final Karapan Sapi Madura, dan Gandrung Sewu.

Menurut tim kurator, kata Sinarto, tujuh event wisata tersebut memenuhi lima nilai yang disyaratkan, yakni pertama nilai kreatif, artinya memiliki daya tarik sehingga mengundang wisatawan untuk datang, kedua nilai komersial, yakni dapat berdampak secara ekonomis bagi masyarakat sekitar, dan mampu menarik pengiklan.

Ketiga, nilai komunikasi yang baik yakni memiliki daya promosi yang baik sebelum, saat acara, hingga pasca pagelaran acara.

Keempat, nilai konsistensi. Nilai konsistensi adalah event yang diunggulkan rutin terselenggara dari tahun ke tahun, dan tidak bergeser jadwalnya, kecuali terjadi bencana atau musibah.

"Kelima, nilai komitmen kepala daerah dan masyarakat setempat yang menjamin keberlangsungan event wisata agar berlangsung setiap tahun," ujar Sinarto. 

Baca juga: Lebih dari 250 Event Akan Digelar di Jawa Tengah, Ini Daftarnya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X