Banjir Terjang 6 Kecamatan di Limapuluh Kota

Kompas.com - 09/12/2019, 13:27 WIB
Banjir menggenangi 6 kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Senin (9/12/2019) Dok: BPBD Limapuluh KotaBanjir menggenangi 6 kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Senin (9/12/2019)

PADANG, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, sejak Senin (9/12/2019) dini hari, menyebabkan banjir.

Tercatat ada 6 kecamatan yang dilanda banjir, yaitu Kecamatan Payakumbuh, Suliki, Harau, Mungka, Pangkalan dan Lareh Sago Halaban.

Jumlah tersebut berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota.

"Intensitas hujan sangat tinggi sejak dini hari tadi hingga sekarang. Saat ini sudah masuk laporan, 6 kecamatan yang terdampak banjir," kata Kepala BPBD Limapuluh Kota Joni Amir saat dihubungi Kompas.com, Senin siang.

Baca juga: Longsor di Limapuluh Kota, Akses Jalan Sumbar-Riau Buka Tutup

Joni mengatakan, akibat banjir itu ada ratusan hektar sawah warga yang tergenang air.

Begitu juga rumah warga di 6 kecamatan tersebut.

"Sampai saat ini sudah ada 57 rumah warga yang dilaporkan digenangi air. Kita masih melakukan pendataan," kata Joni.

Menurut Joni, selain melakukan pendataan, pihaknya juga menurunkan tim untuk membantu warga.

Pihaknya juga bersiap-siap jika ada warga yang perlu segera diungsikan, karena air semakin tinggi menggenangi rumah warga.

"Kita juga menyiapkan tenda pengungsian jika ada warga yang perlu dievakuasi. Sebanyak 57 kepala keluarga itu berpotensi untuk diungsikan, karena saat ini masih hujan," kata Joni.

Selain tenda pengungsian, BPBD juga menyiapkan perahu karet untuk membawa warga dari kepungan banjir.

"Kita berharap hujan segera reda dan air menyusut. Jika hujan terus, tentu debit air semakin tinggi yang menyebabkan rumah warga tergenangi. Proses evakuasi perlu segera dilakukan jika hal ini terjadi," kata Joni.

Baca juga: Gunungkidul Diguncang Gempa Magnitudo 5,0



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X