Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jabar Tingkatkan Status Polres Bandung dan Polres Cirebon Jadi Polresta

Kompas.com - 09/12/2019, 10:58 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi tingkatkan status Polres Bandung menjadi Polresta Bandung.

Peningkatan tipologi Polresta Bandung ini berdasarkan dengan Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor:  B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019 perihal peningkatan tipe dan pembentukan Polres.

"Pengukuhan peningkatan tipologi Polresta Bandung, merupakan perwujudan kepercayaan pemerintah terhadap jajaran Polresta Bandung yang telah bekerja dengan baik dan maksimal, sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah yang mengharuskan adanya peningkatan tipe agar terwujud pelayanan prima kepada masyarakat," kata Rudy, dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/12/2019).

Berdasarkan historisnya, Polres Kota Bandung berdiri pada tahun 2003 yang merupakan pemisahan dari Polres Cimahi, dengan 22 polsek dan saat ini pada tahun 2019 meningkat menjadi Polresta Bandung dengan jumlah polsek 25, jumlah personel 1.765 orang, jumlah penduduk 3.374.316 orang, dengan police ratio B1:1.911.

Baca juga: Penemuan Kerangka Manusia di Kawasan Hutan Parongpong Bandung Masih Misteri

"Sehingga diperlukan pembentukan Polresta Bandung guna mewujudkan pelayanan Polri yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bandung," kata Rudy.

Kedepan, pihaknya akan menyesuaikan penyusunan organisasi, anggaran, sarana dan prasarana serta penambahan jumlah personel secara bertahap dan menurut skala prioritas, sesuai dengan kebutuhan ideal, yang diselenggarakan dengan perkembangan Polres Kota Bandung.

"Kenaikan status ini dilatarbelakangi oleh dinamika kemanan, luas wilayah serta jumlah penduduk di Kabupaten Bandung yang terus meningkat. Atas kenaikan tipe tersebut, kepemimpinan Kapolresta pun berubah semula dari Ajun Komisaris Besar Polisi menjadi Komisaris Besar Polisi," kata dia.

Tak hanya Polres Bandung, beberapa waktu lalu, Rudy juga menaikan status Polres Cirebon menjadi Polresta Cirebon.

Pada saat ini, Polresta Cirebon terdiri dari 27 polsek (5 tipe urban dan 22 tipe rural). Dengan wilayah hukum 34 kecamatan membawahi 351 desa dan 12 kelurahan.

Baca juga: Hilang 3 Hari, Mahasiswi Ditemukan Tewas Terkubur di Belakang Indekos

Jumlah personel sebanyak 1.383, sedangkan jumlah penduduk sebanyak 1.803.067 (rasio Polri:masyarakat adalah 1:1.304), sehingga pelayanan Polri masih belum se-ideal yang diharapkan untuk dapat menjangkau komunitas terkecil.

"Seiring dengan peningkatan tipe Polres Cirebon menjadi Polresta Cirebon, diharapkan segenap anggota dapat meningkatkan semangat pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan meningkatkan mobilitas dan frekuensi kinerja dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com