Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkendala Pembebasan Lahan, Konstruksi Tol Cisumdawu Baru 76 Persen

Kompas.com - 08/12/2019, 19:51 WIB
Aam Aminullah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Progres pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, Dawuan), Jawa Barat, masih terkendala pembabasan lahan.

Saat ini, konstruksi jalan yang telah selesai dibangun di seksi 1 meliputi Cileunyi, (Bandung)-Rancakalong (Sumedang) sepanjang 10,57 kilometer, dan seksi 2 meliputi Rancakalong-Cimalaka (Sumedang) sepanjang 23, 4 kilometer baru rampung 76 persen.

Dijadwalkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meninjau langsung progres pembangunan Tol Cisumdawu ini, Minggu (8/12/2019) sore.

Namun, rencana tersebut batal, karena usai kunjungan kerja di Kabupaten Subang, Menhub Budi Karya Sumadi hanya memantau melalui udara dengan helikopter.

Baca juga: Eksekusi Lahan Tol Cisumdawu, Pemilik Lahan Tak Terima Rumahnya Dibongkar

Kepala Satker Tol Cisudawu Yusrizal Kurniawan mengatakan, Menhub Budi Karya Sumadi rencananya akan meninjau langsung ke lapangan.

"Iya, Pak Menteri Perhubungan bermaksud untuk datang ke Tol Cisumdawu ini untuk melihat langsung progres pembangunan tol, yang memang menjadi konsen dari pemerintah ini," ujar Yusrizal, kepada sejumlah wartawan, di Tunnel Project Tol Cisumdawu, di Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Minggu (8/12/2019).

Yusrizal menuturkan, saat ini, progres pembangunan tol untuk seksi 1 dan 2 sudah mencapai 76 persen.

"Progres ini sudah melebihi rencana awal yang ditetapkan yaitu 73 persen. Progresnya sudah positif 3 persen. Percepatan ini berkat dukungan pemerintah daerah, Polri dan TNI di Sumedang," tutur Yusrizal.

Yusrizal berharap, sisa lahan yang masih belum dibebaskan dapat diselesaikan secepatnya melalui sosialisasi dan cara-cara pendekatan yang baik ke masyarakat, agar tidak menimbulkan gejolak.

Baca juga: Pria Ini Temukan Bayi yang Dibuang di Sekitar Tol Cisumdawu, Ternyata Cucunya

Yusrizal menyebutkan, untuk pembebasan lahan ini, pihaknya bersinergi dengan berbagai pihak khususnya TNI/Polri.

"Harapan kami di akhir 2020, seluruh pembangunan Tol Cisumdawu ini bisa selesai. Sehingga nanti, nyambung ke Tol Cipali, nyambung ke Bandaran Kertajati," sebut Yusrizal.

Sehingga, kata Yusrizal, adanya Tol Cisumdawu ini ke depan dapat menumbuhkan perekonomian di Jawa Barat, dan juga tentunya di wilayah Kabupaten Sumedang ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com