Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Kamera Pemantau Harimau di Tapsel Dicuri

Kompas.com - 06/12/2019, 23:10 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 13 unit kamera trap yang dipasang BKSDA untuk memantau harimau di Dusun Sipincur, Desa Perkebunan Hapesong, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, dicuri.

Pencurian kamera trap untuk memantau keberadaan harimau yang diduga telah memangsa lima ekor sapi di daerah itu dilakukan oleh tersangka AL alias Dangdut (27) dan FSS (39).

Kejadian itu diketahui dalam laporan polisi nomor:LP/122/XII/2019/TPS Toru/Tapsel/Sumut tanggal 4 Desember 2019, dimana pelapornya Muda Hutabarat (55) PNS dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca juga: 2 Petani Tewas, Warga Diimbau Tak Masuki Kawasan Habitat Harimau

Polisi melakukan penyelidikan dan akhirnya menangkap AL.

AL, warga Kecamatan Batang Toru mencuri kamera trap atas suruhan sekaligus diduga sebagai penadah berinisial FSS.

"Dari pengembangan kasus dan sejumlah saksi-saksi, para tersangka sudah berhasil kita amankan," ujar Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib, saat dihubungi Antara, Jumat (6/12/2019).

Barang bukti yang disita berupa 12 kamera trap merk Bushell warna hijau, uang tunai Rp 500.000, dua unit ponsel Samsung JT7 dan J2, serta satu unit sepeda motor jenis Yamaha nopol BB 3140 MX," 

"Setelah dilakukan pengembangan pada Jumat (6/12/2019), kemudian tersangka yang diduga sebagai penadah FSS berhasil diamankan berikut barang buktinya. Sedang F rekan Dandut melakukan aksi pencurian masih dalam pengejaran (DPO)," kata Kapolres.

Baca juga: Duduk Perkara 2 Petani Kopi Tewas Diterkam Harimau, Diduga Ada Perburuan hingga Habitat Rusak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com