Kapolda Ingatkan Pengendara soal Kecepatan Kendaraan di Tol Jateng

Kompas.com - 06/12/2019, 15:01 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Mapolresta Banyumas, Jumat (6/12/2019). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINKapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Mapolresta Banyumas, Jumat (6/12/2019).

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal dan tahun baru, Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel mengingatkan pengemudi untuk memperhatikan batas kecepatan di jalan tol.

"Jalan siap, kami sudah mendapat pelajaran waktu lebaran. Justru yang kami khawatirkan bukan kepadatan (arus lalu lintas), melainkan kecepatan," kata Kapolda seusai upacara peresmian perubahan Polres Banyumas menjadi Polresta di Purwokerto, Jumat (6/12/2019).

Baca juga: Polda Jateng Akan Menindak Industri di Sukoharjo yang Mencemari Bengawan Solo

Menurut Kapolda, ketika memasuki wilayah Jawa Tengah, pengemudi yang datang dari arah Jakarta akan memasuki titik lelah.

Sementara, kondisi jalan tol relatif lengang.

Untuk mengantisipasi kecelakaan akibat kecepatan, kata Rycko, polisi akan melakukan penyekatan arus kendaraan di beberapa titik, antara lain di wilayah Kabupaten Brebes dan Pemalang.

"Makanya kami melakukan penyekatan-penyekatan mulai di Pejagan (Kabupaten Brebes) dan Pemalang. Karena apa, ketika memasuki tol Jawa Tengah sudah titik lelah, sementara jalan longgar," ujar Rycko.

Menurut Rycko, berbeda dengan jalur utara, jalur selatan yang menghubungkan antara Brebes hingga Banyumas rawan terjadi kepadatan arus lalu lintas.

"Kalau ke selatan sampai ke sini ada beberapa titik, ada pasar tumpah, ada poros simpang," kata Rycko.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalur tersebut, pihaknya akan menerapkan manajemen kanalisasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X