Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembuh dari Asma, Atlet Polo Air Asal Jambi Ini Raih Emas di SEA Games 2019

Kompas.com - 05/12/2019, 12:15 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Atlet olahraga polo air asal Jambi, Yusuf Budiman dan Rian Rinaldo, disambut meriah saat tiba di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Rabu (4/12/2019).

Keduanya telah mengharumkan nama Indonesia di ajang SEA Games 2019 dengan meraih medali emas.

Bagi Yusuf, prestasi membanggakan itu tak disangka oleh dirinya. Dirinya pun mengaku, awal mula menekuni renang saat dirinya menderita asma.

“Dulu awal berenang itu karena sakit asma. Namun, setelah asma sembuh jadi ketagihan untuk renang,” ungkapnya, seperti dilansir dari Tribunnews.

Baca juga: Cerita Soal Berhenti Merokok, Wali Kota Solo Diancam Cucu hingga Pengakuan Susi Pudjiastuti

Yusuf lalu menceritakan perjuangannya masuk ke tim nasional polo air tidaklah mudah. Dirinya masuk ke tim nasional pada tahun 2010. Saat itu dirinya hanya menjadi cadangan.

“Perjuangannya tentu berat. Di 2015 saya masih cadangan. Baru 2016 masuk pelatih dari Serbia di situ benar-benar dilatih dari renang, teknik, mental yang membuat kemampuan benar-benar meningkat. Di 2017 masuk inti hingga sekarang,” ungkap mahasiswa FIK Unja angkatan 2014 ini.

Sementara itu, Yusuf juga menceritakan, sebelum berangkat ke SEA Games, dirinya berencana akan memberangkatkan orangtuanya untuk umrah.

“Walaupun bukan medali emas, saya tetap ingin umrahkan orangtua. Namun, alhamdulillah mendapatkan emas,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjambi.com dengan judul: Suka Renang Karena Sakit Asma, Yusuf Tidak Sangka Bisa Jadi Atlet Peraih Medali Emas SEA Games

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com