Cerita Soal Berhenti Merokok, Wali Kota Solo Diancam Cucu hingga Pengakuan Susi Pudjiastuti

Kompas.com - 05/12/2019, 09:30 WIB
Ilustrasi rokok ShutterstockIlustrasi rokok

KOMPAS.com - Usaha untuk berhenti dari kebiasaan merokok memang diakui tidak mudah. Namun, hal itu bukan berarti mustahil untuk dilakukan. 

Sejumlah tokoh dan kepala daerah pun berbagi cerita terkait keberhasilan mereka meninggalkan kebiasaan merokok. Sebagian mengaku masih berusaha untuk berhenti.

Sebut saja Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, yang dulunya dikenal sebagai perokok berat, akhirnya sukses meningglakan kebiasaan merokok. Dirinya mengaku, salah satu alasan berhenti merokok karena kerap ditegur sang cucu.

"Satpam saya ya cucu saya itu," ungkap Rudy usai acara di rumah dinas Wakil Wali Kota Solo pada Selasa (9/5/2017).

Politikus PDI Perjuangan ini mengaku sudah berhenti merokok sejak 22 April 2017 lalu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah tak merokok

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Purnomo, mengaku berhenti kebiasaan merokok yang dia lakukak sejak 1993 karena sosok sang ayah, S Parmudji.

"Sebenarnya kesan ke pribadi saya itu, saya berhenti merokok karena bapak saya," kata Ganjar setelah pemakaman ayahnya, Senin (3/4/2017) petang.

Dia ikut berhenti karena ayahnya berkomitmen meninggalkan rokok. Padahal, lanjut dia, sang ayah perokok berat.

Saat itu, tiba-tiba dia ingin berhenti. Karena melihat ayahnya berhenti merokok, Ganjar akhirnya ikut berhenti.

Kata Susi Pudjiastuti soal kebiasaan merokok

Sementara itu, Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, sempat jadi sorotan publik terkait kebiasaan merokoknya.

Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja masa periode 2014-2019 tersebut, sempat mengungkapkan keinginan untuk berhenti merokok.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X