Bupati Karawang Minta Penghapusan Eselon III dan IV Dikaji Ulang

Kompas.com - 04/12/2019, 15:09 WIB
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana KOMPAS.COM/FARIDABupati Karawang Cellica Nurrachadiana

KARAWANG, KOMPAS.com - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana meminta pemerintah pusat mengkaji kembali soal penghapusan jabatan eselon III dan IV.

Ia ingin peralihan menggunakan teknologi atau kecerdasan buatan dilakukan bertahap.

Pada prinsipnya, kata Cellica, pemerintah daerah taat dengan kebijakan pemerintah pusat. Hanya saja, ia ingin ada kajian menyeluruh.

"Harapan kami dikaji dulu, dikaji ulang. Kecuali mungkin untuk jabatan-jabatan yang sifatnya administrasi yang bisa diselesaikan dengan teknologi," kata Cellica, ditemui di acara lepas sambut Dandim 0604 Karawang, Rabu (4/12/2019).

Baca juga: Karawang Belum Siap Hapus Jabatan Eselon III dan IV

Sebab, menurut Cellica, jabatan teknik tidak bisa dihilangkan begitu saja, lantaran harus bertatap muka langsung dengan pemangku kepentingan.

Terlebih, para pejabat eselon III dan IV di daerah mempunyai harapan jenjang karir, yang beban kerjanya disesuaikan secara struktural.

Alih-alih membabat habis jabatan eselon III dan IV, Cellica justru berharap ada peningkatan kompetensi penguasaan teknologi. Sehingga, mereka bisa dipekerjakan ke bidang lain, tanpa ada penghapusan jabatan.

"Harapan saya ada klasifikasi mana yang harus dihilangkan banget, mana yang bertahap. Karena tidak semua bagian dapat diselesaikan dengan teknologi," ujar dia.

Cellica menyebut, menyongsong revolusi industri 4.0, pemerintah terus melakukan inovasi, dengan melakukan pemangkasan birokrasi.

Pegawai administrasi yang bisa diselesaikan dengan teknologi bakal dihilangkan. Ini akan berdampak pada sistem birokrasi di Indonesia.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X